FOLLOW US:


Haruskah Kucing Sikat Gigi Setelah Makan? Ini Penjelasannya!

26-11-2020 17:57
Haruskah Kucing Sikat Gigi Setelah Makan? Ini Penjelasannya!
© shutterstock

Bola.net - Tahukah kamu kalau delapan dari sepuluh kucing di atas usia tiga tahun bermasalah dengan kesehatan gigi dan gusi? Sama seperti manusia, sisa makanan bisa berubah jadi tumpukan plak di gigi kucing dan berisiko menyebabkan bau mulut dan infeksi gigi yang menyakitkan. Sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab, ini saatnya memperhatikan kebersihan gigi yang berpengaruh pada kesehatan kucing secara keseluruhan.

Pentingnya Menyikat Gigi Kucing

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Seperti manusia, gigi kucing tak lepas dari tumpukan plak yang berasal dari sisa makanan. Jika dibiarkan, plak akan mengeras membentuk karang gigi. Kondisi ini dapat memicu radang gusi bahkan menyebabkan gigi kucing jadi tanggal. Belum lagi jika kucing menderita penyakit gigi yang parah, penumpukan bakteri di mulut dapat memicu komplikasi lebih lanjut seperti gangguan pada jantung dan ginjal.

Menyikat gigi kucing bukan hanya sekadar menjaga giginya tetap putih dan nafas segar, tapi juga mencegah gangguan kesehatan pada gigi dan gusi. Namun, untuk melakukannya beberapa kali dalam seminggu saja bisa jadi tantangan buat cat owner. Sebaiknya, mulai saat kucing masih kecil, agar saat mereka dewasa bisa lebih terbiasa.

Perkenalkan Kucing pada Sikat Gigi

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Sabar menjadi modal utama saat memperkenalkan kucing pada kebiasaan menyikat gigi. Bagi kucing, meletakkan sikat gigi dalam mulutnya butuh kepercayaan yang tinggi pada pemilik dan kenyamanan saat melakukannya. Pilih sikat gigi yang ukurannya pas dengan mulut kucing. Berikan kesempatan pada kucing untuk mengeksplorasinya, misal dengan membiarkannya mengamati, mencium aroma hingga menggigitinya.

Lakukan dengan Perlahan

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Setelah kucing mulai terbiasa dengan sikat gigi di dekat wajahnya, mulai dengan memijat area mulutnya menggunakan telunjuk. Pastikan kucing merasa nyaman lalu masukkan sikat gigi dengan lembut dan perlahan. Mulai gosok gigi taringnya dan jangan lupa untuk memerhatikan kondisi kucing.

Jika menunjukkan rasa tak nyaman, hentikan sementara waktu untuk menenangkan dan membelainya. Lanjutkan menggosok gigi kucing dengan sapuan yang ringan dan lembut. Jangan terlalu lama karena kenyamanan kucing akan terusik dan mendorongnya untuk menggigit atau mencakarmu.

 (c) muezza
(c) muezza

Setelah sukses menyikat gigi kucing, berikan hadiah dengan makanan favorit kucing kesayanganmu seperti Muezza. Tersedia dalam 4 varian rasa lezat seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor, Muezza bukan sekadar cat food biasa. Terbuat dari bahan-bahan alami, cat food berkualitas ini diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing kesayanganmu. Muezza juga telah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jaga kesehatan kucing dengan memberikan cat food terbaik dari Muezza, yang bisa didapatkan secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia