FOLLOW US:


Indonesia Bidik Lima Medali Triathlon di SEA Games 2019

26-11-2019 09:00

 | Anindhya Danartikanya

Indonesia Bidik Lima Medali Triathlon di SEA Games 2019
Timnas triathlon bidik lima medali di SEA Games 2019. © Istimewa

Bola.net - Cabang olahraga (cabor) triathlon akan kembali dipertandingkan di SEA Games 2019 Filipina. Ini menjadi kali keempat triathlon diperlombakan setelah pada 2005, 2007 dan 2015. Tim nasional Triathlon Indonesia pun membidik lima medali.

Indonesia akan menurunkan empat atlet di Filipina yakni Jauhari Johan (32), Eva Desiana (29), M Ahlul Firman (21), dan Nethavani Octarina (18). Ini jadi kali pertama Indonesia mengikuti kejuaraan kualifikasi Olimpiade 2024 di luar negeri usai berlaga di Asian Games 2018.

Dari keempat atlet yang akan bertarung di SEA Games 2019, Jauhari Johan diharapkan bisa menyumbang medali emas. Sedangkan sisanya diproyeksikan membawa pulang perak. Hal ini disampaikan manager dari timnas Triathlon, Akbar Nasution.

1 dari 2

Persiapan Sudah Oke

"Berdasarkan data yang ada, Jauhari Johan dan Eva Desiana berpeluang meraih medali emas dan perak di Duathlon. Di Triathlon, Ahlul Firman dan Nethavani masing-masing berpotensi meraih medali perak, dan untuk mixed relay kita harapkan bisa mendapat medali perak.” kata Akbar.

Demi mewujudkan merebut lima medali di SEA Games 2019, timnas Triathlon sudah berlatih keras. Mereka sebelumnya melakukan latihan khusus di Pelatnas Bandung dan Camp Jasalindo Malang.

"Persiapan kami sudah oke, yang utama adalah menyiapkan mental. Lawan terberat saya perkirakan datang dari tuan rumah Filipina. Mereka sudah mengetahui rutenya," kata Jauhari.

Ahlul yang sebelumnya jadi satu-satunya atlet yang turun di nomor triathlon putra Asian Games 2018m optimis hasil SEA Games lebih baik. "Kali ini persiapan saya lebih matang. Sejak berlaga di tahun lalu, saya memang sudah menargetkan akan bawa pulang medali di SEA Games 2019," ujarnya.

2 dari 2

Tertuju pada Olimpiade 2024

Olimpiade 2024 adalah target utama dari timnas triathlon dan saat ini tim tengah berupaya mengumpulkan poin. "Saya ingin bisa berlaga di Olimpiade. Ingin menjadi atlet triathlon pertama Indonesia yang tampil di Olimpiade," kata Ahlul.

SEA Games 2019 dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember. Sedangkan untuk cabang olahraga Triathlon akan digelar pada 1-4 Desember 2019.

"Dengan manajemen baru Federasi Triathlon Indonesia, kita akan sinergikan semua elemen komunitas, pembina, atlet, dan organisasi demi tujuan jangka panjang Triathlon Indonesia menuju Olimpiade 2024," ujar Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia, Mayor Jenderal TNI Joko Warsito.

Disadur dari: Liputan 6/Penulis: Thomas/Editor: Ario Yosia/Dipublikasi: 25 November 2019