FOLLOW US:


Kuasai Ratusan Nada yang Berbeda, Kenali 10 Suara Kucing Lengkap dengan Artinya!

24-12-2020 07:12
Kuasai Ratusan Nada yang Berbeda, Kenali 10 Suara Kucing Lengkap dengan Artinya!
© shutterstock

Bola.net - Pernah bertanya-tanya berapa banyak suara yang bisa dibuat oleh kucing peliharaanmu? Para ahli membuka rahasia kalau kucing bisa mengekspresikan lebih dari 100 vokalisasi yang berbeda, dibandingkan anjing yang hanya mampu mengeluarkan sekitar 10 suara. Tak perlu mempelajari semuanya, cukup kenali 10 arti suara kucing berikut ini.

Meong

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Suara kucing yang paling sering terdengar, meow ini justru digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia, bukan kucing lainnya. Pertama diucapkan oleh anak kucing yang membutuhkan induknya, kucing rumahan akan mengeong saat menginginkan perhatian, makanan atau memberi salam pada pemiliknya.

Mendengkur

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Dengkuran yang lembut, serak dan paling sering dibuat saat kucing dalam mood terbaik. Selain dianggap menunjukkan rasa bahagia dan nyaman, dengkuran juga sering dibuat saat kucing merasa gugup atau bahkan mengalami gangguan kesehatan.

Chirps

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Mirip kicauan burung, suara ini dipakai induk untuk memandu anak kucing. Kini suara yang terdengar seperti suara getar kecil ini dianggap meminta perhatian atau saat kucing sedang bersemangat.

Chatter

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Kamu mungkin pernah mendengar jenis suara ini saat kucing melihat burung-burung dari balik jendela sambil menggertakkan giginya dan pandangan penuh harap. Jenis suara ini diklaim sebagai tanda naluri predator alami kucing yang ingin mendapatkan mangsanya.

Mendesis

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Tak sulit mengenali jenis suara ini yang muncul saat kucing merasa terancam dan siap bertarung. Biasanya desisan ini disertai perubahan bahasa tubuhnya dengan punggung melengkung, bulu tegak, mulut terbuka dan menunjukkan taringnya.

Meraung

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Seperti mengeong tapi dengan nada yang lebih panjang, suara ini menunjukkan kekhawatiran, rasa tidak nyaman hingga masalah territorial atau memasuki masa kawin. Tapi ada juga kucing yang melakukannya karena bosan sehingga meminta jatah bermain yang lebih sering setiap harinya.

Caterwaul

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Para ahli mengidentifikasi suara ini seperti ahh-roo-ugh yang biasa dilakukan kucing betina untuk memanggil calon pasangannya. Selama masa kawin, kucing betina akan melakukan berbagai cara untuk bertemu dengan kucing jantan, salah satunya dengan mengeluarkan suara ini.

Berteriak

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Panggilan kucing betina ini akan ditanggapi oleh kucing jantan dan akan diikuti oleh teriakan kesakitan. Selain itu, jeritan ini pun keluar dari kucing yang mengalami cedera saat terlibat dalam perkelahian memperebutkan area kekuasaan.

Geraman

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Suara ini sering dikeluarkan bersamaan dengan desisan dan menunjukkan rasa takut, marah atau merasa terancam oleh kucing lainnya. Perhatikan juga ciri fisiknya seperti punggung melengkung, telinga ke arah belakang dan ekor yang bergerak-gerak.

Distress call

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Anak kucing yang baru lahir biasanya akan mengeluarkan suara yang mirip meong bernada melengking. Biasanya suara ini akan terdengar saat ditinggalkan sang induk atau terjebak di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama.

Jangan sampai salah mengartikan suara kucing untuk memahami keinginan hewan peliharaanmu. Kalau melakukannya sambil mengikutimu atau di sebelah tempat makannya, bisa dipastikan kucingmu sedang kelaparan. Segera berikan Muezza yang terbuat dari bahan alami dan terbebas dari bahan sintetik.

 (c) muezza
(c) muezza

Diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan kucing, cat food ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas khawatir saat tanpa sengaja terkena air liur kucing saat memanjakannya, cat owner juga lebih tenang saat memegang makanan, membersihkan wadah makan, menyimpan hingga membawanya bepergian.

Ada 4 varian rasa yang bakal jadi favorit kucing kesayanganmu, segera beli di e-commerce favoritmu seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia