FOLLOW US:


Roger Casugay Raih Penghargaan usai Selamatkan Peselancar Indonesia di SEA Games 2019

12-12-2019 08:55

 | Anindhya Danartikanya

Roger Casugay Raih Penghargaan usai Selamatkan Peselancar Indonesia di SEA Games 2019
SEA Games 2019 Filipina. © 2019seagames.com

Bola.net - Atlet selancar Filipina, Roger Casugay, meraih penghargaan 'Atlet Fair Play' SEA Games 2019 berkat aksi heroiknya ketika menyelamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, di Monaliza Point, San Juan, La Union, Jumat (6/12/2019) lalu.

Kejadian bermula ketika Roger dan Arip bertanding di ronde ketiga kelas longboard open, di mana tali di kaki Arip terlepas. Arip kemudian tenggelam ke laut setelah dihantam ombak besar.

Dengan insiden Arip, Roger sejatinya bisa saja dengan mudah meraih kemenangan. Namun, ia justru memilih menolong Arip dan menyelamatkannya dari terjangan ombak.

Aksi heroik Roger membuatnya dapat pujian dari publik dunia. Dalam upacara penutupan di New Clark City Athletic Stadium, Clark, Rabu (11/12/2019), Panitia Pelaksana SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) pun memberikan penghargaan 'Atlet Fair Play' kepadanya.

1 dari 2

Dipuji Presiden Filipina dan Presiden Indonesia

Pada pagi hari setelah aksi terpuji itu, Roger juga memenuhi undangan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Hal itu dilakukan karena Rodrigo bangga dengan sikap sportivitas yang dilakukan Roger.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga memuji sikap Roger yang lebih mengedepankan sportivitas ketimbang persaingan medali. Jokowi menyebut hal itu membuktikan nilai kemanusiaan berada di atas segalanya.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Presiden Jokowi dalam akun media sosialnya.

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," demikian kata Jokowi.

2 dari 2

Penghargaan Lain

Selain Roger, PHISGOC juga memberikan penghargaan kepada dua atlet SEA Games 2019 lainnya, yakni perenang Singapura, Quah Zheng Wen dan perenang Vietnam, Thi Anh Vien Nguyen.

Keduanya menerima penghargaan 'Male and Female Mega Athletes' setelah meraih enam medali emas dan dua perak pada SEA Games 2019.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 12 Desember 2019