FOLLOW US:


Selain Olahraga, Begini Cara Diet yang Tepat untuk Kucing Obesitas

02-01-2021 07:30

 | Wuri Anggarini

Selain Olahraga, Begini Cara Diet yang Tepat untuk Kucing Obesitas
© Shutterstock

Bola.net - Melihat kucing gemuk memang seringnya bikin gemas ya. Tapi, kalau berat tubuhnya bikin ia jadi malas bergerak, bisa jadi tanda kucing nggak sehat lho. Tahu nggak kalau berat badan berlebih pada kucing bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nggak hanya susah bergerak, tapi juga menyebabkan masalah kulit, gagal jantung, batu ginjal, liver, hingga diabetes. Duh, nggak mau kucing kesayangan mengalami penyakit tersebut kan?

Kalau kucing sudah memperlihatkan tanda-tanda obesitas, saatnya kamu mulai mengambil tindakan lebih lanjut. Selain olahraga, yuk ajari kucing melakukan pola diet yang tepat!

Cek Berat Badan Kucing

 (c) Shutterstock
(c) Shutterstock

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek berat badan kucing untuk memastikan bahwa kucingmu benar-benar obesitas atau tidak. Pada dasarnya, berat badan ideal kucing berbeda tergantung ras dan usia. Tapi, rata-rata kucing memiliki berat ideal 4kg hingga 4.5 kg. Untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan dengan seksama terkait berat kucing berdasarkan usia dan rasnya.

Hindari Memberi Makanan Manusia

 (c) Shutterstock
(c) Shutterstock

Tahu nggak kalau salah satu faktor yang memicu obesitas pada kucing ternyata pola makan yang kurang tepat? Salah satunya adalah memberikan makanan manusia pada kucing, lho. Kalau kucing kamu obesitas, bisa jadi kebiasaan inilah yang jadi pemicunya. Mulai sekarang pastikan kucing mengonsumsi makanan khusus seperti dry food untuk menjaga kesehatannya ya!

Kurangi Porsi Makan Kucing Secara Bertahap

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Illnois Amerika Serikat, cara yang tepat menurunkan berat badan kucing kesayangan adalah dengan mengurangi porsi makannya secara bertahap, bukan sekaligus. Hal ini penting untuk mengontrol pengurangan berat tubuhnya karena penurunan yang terlalu cepat bisa memicu penyakit hati.

Jangan lupa perhatikan makanan yang diberikan untuk kucing. Pastikan kucing mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya selama menjalani diet. Percayakan saja pada Muezza Cat Food, yuk!

 (c) Muezza
(c) Muezza

Muezza mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan kucing dewasa karena mengandung vitamin, asam lemak, protein dan Omega. Kombinasi Omega 3 dan Omega 6 di dalamnya juga menyehatkan bulu, sehingga kucing tetap sehat selama menjalani diet. Muezza sendiri sudah mendapatkan sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand dan tersedia dalam 4 pilihan rasa, yaitu Mackerel, Salmon, Tuna, dan Ocean Fish. Yuk, beli Muezza di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

Jangan Lupa Ajak Kucing Olahraga

 (c) Shutterstock
(c) Shutterstock

Ini dia salah satu step penting yang mendukung program diet kucing kesayangan. Ajak ia bergerak dengan olahraga ringan, seperti mengejar mainan, tangkap bola, dan sebagainya. Lakukan secara rutin setiap hari selama 20 menit untuk mencegah kucing mager, sekaligus mengurangi tingkat stresnya.

Cek Kesehatannya Berkala ke Dokter Hewan

 (c) Shutterstock
(c) Shutterstock

Selama menjalani program diet, ada baiknya kamu juga rutin mengecek kesehatan kucing secara berkala ke dokter hewan. Hal ini penting untuk memastikan pola diet yang dijalani sudah tepat dan nggak berujung membahayakan kesehatan kucing kesayangan. Selain itu, rutin cek kesehatan si Pus kesayangan juga bisa membantu mengetahui jika ada gejala atau gangguan kesehatan sedini mungkin lho.

Itu tadi beberapa tips diet yang bisa diterapkan untuk mengurangi berat badan kucing obesitas. Semoga berhasil ya!