FOLLOW US:


Tahukah Kamu Hidung Kucing Itu Seperti Sidik Jari Manusia?

30-12-2020 14:16

 | Zaki Baldan

Tahukah Kamu Hidung Kucing Itu Seperti Sidik Jari Manusia?
© shutterstock

Bola.net - Pernah memperhatikan hidung kucing? Bentuknya yang mungil dengan kondisi dingin dan terkadang lembap punya fungsi selain indra penciuman. Permukaannya yang dipenuhi tonjolan-tonjolan kecil ini dapat digunakan untuk identifikasi, seperti sidik jari manusia. Yuk, cari tahu fakta unik dari hidung kucing kesayanganmu!

Cetakan yang unik

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Coba ambil kaca pembesar dan amati hidung kucing peliharaanmu. Tampak mulus dari kejauhan, ternyata ada pola yang terdiri dari tonjolan-tonjolan kecil. Uniknya, pola itu unik untuk setiap kucing meskipun berasal dari satu induk. Tak ada dua kucing yang punya sidik hidung yang identik, bahkan kini sedang dikembangkan teknologi untuk memindai hidung sebagai identitas.

Punya indra penciuman yang luar biasa

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Selain jadi ciri khas bagi setiap kucing, hidung juga jadi organ penting karena punya 200 juta reseptor aroma berada di rongga hidung. Melebihi jumlah sensor aroma dari beberapa ras anjing, kucing menggunakan indra penciuman untuk mencari mangsa hingga mengenali wilayahnya. Bahkan sejak lahir, anak kucing sudah bisa menemukan induknya meskipun dengan mata tertutup.

Kebiasaan mengendus dan menjilat hidung

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Kucing menggunakan hidungnya untuk mengendus hewan lainnya sebagai caranya menyapa. Ketika dua kucing saling mendekat, keduanya saling bertukar salam dengan cara mengendus hidung.

Selain itu, kebiasaan menjilat hidung dipercaya sebagai cara kucing untuk menghilangkan residu seperti makanan atau serbuk sari yang dapat mengganggu kemampuan penciuman kucing. Tapi ada juga yang menyebutkannya sebagai tanda kucing sedang gelisah atau gugup.

Penting buat nafsu makan

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Indra penciuman kucing sangat penting untuk nafsu makannya. Tak punya reseptor indra perasa sebanyak manusia, aroma makanan yang merangsang rasa lapar, bukan rasanya. Jadi kalau kucingmu mengalami infeksi saluran pernafasan yang menyumbat hidungnya, biasanya akan kehilangan nafsu makan.

Biar doyan makan, bisa dengan menyajikan makanan hangat dengan aroma yang lebih tajam atau berikan Muezza yang punya aroma dan citarasa yang lezat. Dibuat dari bahan-bahan alami seperti tuna, salmon, ikan laut dan mackerel, cat food berkualitas ini diolah dengan teknologi modern untuk menjamin keseimbangan nutrisinya.

Bebas dari bahan sintetik, Muezza akan mendukung tumbuh kembang kucing kesayanganmu secara optimal, mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, metabolisme hingga keindahan bulunya. Sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, Muezza bukan hanya membantu kucing tetap sehat tapi juga bikin pemiliknya merasa lebih tenang, terutama saat memanjakan, membersihkan wadah makan hingga menyimpannya.

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Ada 4 varian rasa dengan tekstur dan aroma yang bakal disukai kucing kesayanganmu. Dapatkan sekarang juga di marketplace favoritmu, seperti Shopee maupun Tokopedia, tanpa harus repot keluar rumah.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia