FOLLOW US:


Tahukah Kamu Kucing Itu Nggak Bisa Merasakan Makanan Manis?

27-12-2020 07:36

 | Zaki Baldan

Tahukah Kamu Kucing Itu Nggak Bisa Merasakan Makanan Manis?
© shutterstock

Bola.net - Selama ini, kucing banyak dipuji berkat kemampuan melompat, mendengar, mencium hingga melihat di kegelapan. Tapi tahukah kamu kalau kucing hanya punya 470 pengecap dibandingkan manusia yang memiliki sekitar 9000 indera pengecap di lidahnya. terbatas dalam mendeteksi rasa manis, ini alasan lain di balik penolakan kucing pada makanan manis.

Tak bisa mendeteksi gula

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Bagi kebanyakan mamalia, kemampuan mendeteksi karbohidrat jadi hal penting untuk menjaga kelangsungan hidup. Tapi berbeda dengan kucing yang termasuk hewan karnivora. Hanya bisa makan daging, kucing nggak memerlukan gula atau karbohidrat untuk bertahan hidup sehingga hanyaada dua reseptor rasa yang aktif yaitu gurih dan lemak.

Kok suka es krim?

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Tak suka makanan manis, tapi kucing kesayanganmu tampak nggak menolak saat ditawari es krim maupun makanan manis lainnya. Ternyata bukan rasa manis yang disukai kucing, melainkan reseptor rasanya bereaksi pada lemak yang terkandung di dalamnya dan mendorong nafsu makannya.

Seperti mamalia lainnya, manusia punya perasa yang membedakan manis, asam, pahit, asin dan gurih. Sedangkan pada kucing, indera perasa manisnya nggak terlalu reaktif dan lebih mengembangkan sensor rasa pahit dan asam. Kedua sensor ini penting untuk memperingatkan kucing pada makanan atau benda berbahaya, bahkan beracun.

Tekstur dan suhu makanan

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Selain rasa, tekstur makanan juga berpengaruh pada selera makan kucing. Lebih menyukai potongan besar ketimbang remah-remah, kucing biasanya lebih tertarik pada dry food yang punya bentuk bervariasi dari hari ke hari. Bukan hanya itu saja, suhu makanan juga penting bagi kucing. Kebanyakan akan menolak makanan dingin yang baru diambil dari kulkas dan memilih yang hangat karena menyerupai suhu mangsanya saat berburu di alam liar.

Terjawab sudah kenapa selama ini kucing kesayanganmu selalu tampak malas-malasan saat ditawari makanan manis. Tapi sebaiknya jangan coba-coba memberikan makanan yang disantap manusia karena bisa saja mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan kucing kesayanganmu.

Berikan cat food berkualitas yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti Muezza. Bukan hanya bebas dari bahan sintetik, Muezza mengandalkan pengolahan berteknologi modern untuk menjaga kandungan nutrisi dari setiap bahannya tetap terjaga. Bukan hanya mengandung protein, tapi juga asam lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan kucing.

 (c) Muezza
(c) Muezza

Ada 4 varian yang memiliki cita rasa dan aroma yang cocok di lidah kucing seperti Salmon, Tuna, Ocean Fish dan Mackerel. Semua varian Muezza juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Kucing lahap dan terjaga sehat, pemilik kucing juga jadi lebih tenang saat terkena liur kucing, memegang cat food, membersihkan wadah makanannya hingga mencari lokasi penyimpanan cat food.

Punya banyak keunggulan, jangan ragu untuk memberikan Muezza pada hewan peliharaanmu. Dapatkan keempat variannya di Shopee dan Tokopedia sekarang juga!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia