FOLLOW US:


Terlahir sebagai Pemburu, Kucing Bisa Kalahkan Usain Bolt Si Pemegang Rekor Lari Dunia

18-12-2020 07:46

 | Zaki Baldan

Terlahir sebagai Pemburu, Kucing Bisa Kalahkan Usain Bolt Si Pemegang Rekor Lari Dunia
© shutterstock

Bola.net - Banyak yang menganggap kucing sebagai hewan peliharaan yang cukup pasif karena sering terlihat bermalas-malasan seharian. Tapi siapa sangka kalau beberapa jenis kucing ternyata punya kemampuan lari yang bahkan sanggup mengalahkan Usain Bolt pencetak rekor lari 44,7 km/jam. Penasaran dengan fakta di balik gerakan super cepatnya ini? Intip faktanya yuk!

Bagaimana Cara Kucing Berlari Cepat?

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Semua jenis kucing, dari cheetah yang legendaris hingga kucing rumahan biasa, punya kemampuan lari yang luar biasa. Terlahir sebagai pemburu alami, tubuhnya dirancang untuk berlari cepat dengan akselerasi yang mengesankan. Bukan bergantung pada jumlah kaki yang dimiliki, tapi seberapa besar kekuatan otot kaki saat menjejak tanah.

Punya kaki yang sangat berotot, kucing bergerak menggunakan kedua kaki belakangnya untuk melompat ke depan dan diikuti dengan kedua kaki depan. Selain itu, tulang belakangnya yang fleksibel bisa melengkung dan tegak saat berlari, memberinya kemampuan untuk berlari kencang.

Dipengaruhi oleh Ras

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Faktor terbesar yang dapat menentukan seberapa cepat seekor kucing bisa berlari adalah susunan genetiknya. Ada beberapa ras tertentu yang lebih cepat dari yang lainnya, seperti Egyptian Maus, Abyssinians, Bengals, hingga Siamese yang tergolong kucing rumahan yang paling atletis. Jika kucing peliharaanmu cukup aktif dan banyak menghabiskan waktu di luar rumah, kemungkinan besar akan memiliki kemampuan lari yang lebih cepat.

Perubahan pada Fisik

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Bukan hanya ras saja yang mempengaruhi kecepatan lari kucing. Pertambahan usia membuat hewan peliharaanmu bisa kehilangan kecepatan dan kelenturan rubuhnya. Meskipun nggak terlalu ekstrim, kecepatan lari kucing rumahan juga terhambat oleh desain alaminya. Walau bisa berlari sangat cepat, tapi kucing sulit mempertahankannya dalam waktu yang cukup lama atau jarak yang jauh.

Khususnya di zaman modern, kucing rumahan paling jauh berlari beberapa puluh meter. Bahkan saat dihadapkan pada situasi yang berbahaya seperti dikejar predator, kebanyakan kucing akan memilih bersembunyi atau memanjat ketimbang melarikan diri.

Kucing yang sering berlarian di rumah, baik saat mengejar cahaya laser atau tali yang ditarik dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Selain sering olahraga, asupan nutrisi yang seimbang dari makanan bergizi juga akan membantu menjaga kesehatan kucing. Untuk itu, berikan cat food berkualitas seperti Muezza yang hanya terbuat dari bahan alami pilihan dan bebas dari bahan sintetik.

 (c) muezza
(c) muezza

Diformulasikan khusus dengan proses pengolahan modern, Muezza bukan hanya mempertahankan aroma dan cita rasa yang disukai kucing tapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ada 4 varian rasa yang bisa dipilih seperti Tuna, Mackerel, Salmon dan Ocean Fish.

Bakal jadi favorit kucing kesayanganmu, Muezza bisa bikin cat owner lebih tenang karena sudah bersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tunggu apalagi, manjakan kucing kesayanganmu dengan Muezza yang bisa dibeli kapan saja lewat Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia