FOLLOW US:

Bolanet Ikut Pelatihan 'Google News Initiative Training Network'

Rabu, 21-11-2018 13:35
Bolanet Ikut Pelatihan 'Google News Initiative Training Network'
Perserta, pemateri dan penyelenggara Google News Initiative Training Network di Malang melakukan foto bersama © Panitia Google News Initiative Training Network

Bola.net - Hai Bolaneters...

Sudah hari hari Rabu lagi ya, waktunya kami berbagai aktivitas awak redaksi selama satu pekan kemarin. Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan selama sepekan, tapi ada satu hal yang kami rasa penting untuk dibagikan.

Aktivitas tersebut adalah keikutsertaan kami dalam acara 'Google News Initiative Training Network' yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative dan Internews.

Acara digelar di Malang pada tanggal 17-18 November 2018 yang lalu. Bolanet diwakili oleh dua penggawa, As'ad Arifin dan Dendi Gandakusumah. Banyak manfaatkan yang kami dapatkan selama ikut acara tersebut.

Kami mendapatkan materi dari Inggried Dwi Wedhaswary dan F.X Lilik Mardjianto, yang sudah pasti ahli di bidangnya. Pada intinya, kami mendapat pelatihan untuk membedakan antara misinformasi dan disinformasi.

Dari situ, kami dilatih mengidentifikasi berita yang bohong [hoax], baik yang dalam bentuk berita, gambar, video maupun media sosial. Kami diajarkan untuk memanfaatkan tools yang tersedia di google dalam melakukan analisis atau investigasi.

Banyak tools yang bisa dipakai. Untuk gambar misalnya, bisa memakai Google Reserve Image, Google Earth dan Exif Data. Lalu, ada pula cara mudah melakukan audit media sosial dengan memakai Peopefindthor dan Twitter Advanced Search.

Cukup banyak ilmu baru yang kami dapat. Sulit untuk menjelaskan satu-satu dalam artikel ini. Tapi, kami bukan orang yang pelit berbagi ilmu. Kami akan bagikan pengetahuan yang bisa jadi penting bagi Bolaneters terkait keamanan data digital.

Pertama, silakan cek apakah akun google atau email kalian Bolaneters, apa pernah coba dibajak orang lain atau tidak di Have I Been Pwned. Lalu, silakan cek juga seberapa kuat password untuk melindungi akun kalian di How Secure Is My Password?.

Ohya, kami juga memohon do'a untuk salah satu awak Bolanet, Mustopa El Abdy, yang tertimpa musibah. Bang Mus, mengalami kecelakaan dan kini masih dirawat karena patah tulang di lengan kanan. Kami mohon do'a ya Bolaneters.

Sampai jumpa pekan depan ya Bolaneters..