FOLLOW US:

Galeri: Upacara Pemakaman Davide Astori

Kamis, 08-03-2018 23:34
Galeri: Upacara Pemakaman Davide Astori
Seremoni pemakaman Davide Astori di Santa Croce. © AFP

Bola.net - Ribuan pelayat datang ke acara pemakaman Il Capitano Fiorentina Davide Astori di Gereja Santa Croce di kota Florence, Kamis .

Ribuan pelayat itu mayoritas berasal dari para fans Fiorentina. Selain itu ada pula masyarakat umum plus sejumlah pemain dari sejumlah klub di Italia.

Acara pemakaman itu dilangsungkan mulai pukul 10 pagi waktu setempat. Saat itu ribuan pelayat sudah memadati area di depan gereja. Mereka bahkan disebut sudah hadir tiga jam sebelumnya.

Selain itu para penggawa Fiorentina juga nampak hadir di lokasi sebelum acara dimulai. Setelah itu, sejumlah pemain dari sejumlah klub nampak berdatangan. Di antaranya gelandang AS Roma Daniele De Rossi dan Gianluigi Buffon dari Juventus. Buffon datang bersama rekan-rekan Bianconeri lainnya dan juga pelatih Massimiliano Allegri.

Hadir pula legenda Roma Francesco Totti, legenda AC Milan dan Juventus Filippo Inzaghi, serta sejumlah penggawa Inter Milan yang dipimpin oleh Luciano Spalletti.

Saat mobil pengantar jenasah Astori tiba di gereja, para pelayat langsung kompak memberikan tepuk tangan.

Francesco Totti Francesco Totti

Daniele De RossiDaniele de Rossi

FiorentinaSkuat Fiorentina

Luciano SpallettiLuciano Spalletti bersama skuat Inter

Max AllegriMassimiliano Allegri

Filippo InzaghiFilippo Inzaghi

Barzagli, Chiellini (tengah) dan Buffon.Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini dan Gigi Buffon

Skuat Juve sendiri terbang langsung dari Inggris ke Florence. Mereka sebelumnya bertanding melawan Tottenham di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Lalu menurut laporan dari Soccerway, di antara penggawa Juve nampak sosok Federico Bernardeschi. Ia nampak bersedih. Para fans Fiorentina pun disebut memberikan tepuk tangan baginya, meski sebelumnya pernah menghujat sang winger karena memilih untuk pindah ke Bianconeri.

Selain nama-nama di atas, masih banyak tokoh-tokoh sepakbola lain yang disebut ikut menghadiri acara tersebut. Di antaranya bintang liverpool Mohamed Salah, legenda Milan dan Belanda Marco Van Basten, hingga Emiliano Viviano dari Sampdoria dan Presiden Italian National Olympic Committee Giovanni Malago.

Sementara itu dalam acara pemakaman tersebut, berdasarkan laporan Daily Mail, skuat Fiorentina mendapuk Milan Badelj untuk memberikan pidato perpisahan terakhir bagi Astori.

"Kau adalah saudara atau anak laki-laki yang ingin dimiliki semua orang," ucap Badelj yang pidatonya juga disiarkan ke luar gereja.

"Orangtuamu tidak membuat kesalahan denganmu, bahkan tidak sedikit pun. Kau tidak seperti orang lain, kau adalah sepakbola, yang asli, anak yang murni."

"Duka kami untuk ibumu dan ayahmu, saudara-saudaramu, pada Francesca dan Putri Vicky. Kau adalah seorang pria sejati dan kami akan memberitahukan itu kepadanya. Kau adalah cahaya bagi kami semua."

Sementara itu saat acara telah tuntas dan peti jenasah Astori dibawa keluar dari gereja, para fans Fiorentina langsung mengangkat scarf miliknya. Mereka langsung menyanyikan chants La Viola dan memekikkan mana sang kapten sembari berujar "c'e solo un capitano" (hanya ada satu kapten).

Tak hanya itu, mereka juga mengibarkan bendera-bendera Fiorentina. Ada pula yang mengibarkan jersey Astori serta menyalakan bom asap sebagai ucapan perpisahan final.

Ciao Astori! RIP.

(afp/sw/dm/afc/dim)