FOLLOW US:


5 Debutan MotoGP 2022 Happy Sekaligus Lelah Jajal Motor Baru di Jerez

22-11-2021 10:50

 | Anindhya Danartikanya

5 Debutan MotoGP 2022 Happy Sekaligus Lelah Jajal Motor Baru di Jerez
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Remy Gardner © Tech 3 Racing

Bola.net - MotoGP 2022 akan diramaikan oleh lima debutan dari tiga pabrikan berbeda. Mereka pun sudah menjajal motor baru mereka dalam uji coba pascamusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 18-19 November 2021 lalu. Lewat MotoGP.com, mereka pun menyatakan kesan yang mereka dapat selama dua hari berkendara.

Bagi Remy Gardner dan Raul Fernandez, uji coba ini adalah yang kedua bagi mereka di MotoGP. Pasalnya, duet anyar Tech 3 KTM Factory Racing ini sudah sempat dapat kans menjajal RC16 dalam uji coba tengah musim di Misano, Italia, pada September. Keduanya pun mengaku merasa kelelahan.

Di lain sisi, Ducati memiliki dua debutan, yakni Marco Bezzecchi di VR46 Racing Team dan Fabio di Giannantonio di Gresini Racing. Kedua pembalap asal Italia ini sama-sama mengendarai Desmosedici GP21 dan merasakan kemajuan setiap kali berkendara.

Debutan lain yang disorot adalah Darryn Binder, yang langsung melompat dari Moto3 ke MotoGP. Rider WithU Yamaha RNF MotoGP Team ini tak memiliki kendala fisik meski naik kelas dengan jalur 'akselerasi', dan merasa senang bisa mengendarai YZR-M1 meski proses belajarnya bakal rumit.

1 dari 5

Remy Gardner - Tech 3 KTM Factory Racing

Remy Gardner - Tech 3 KTM Factory Racing
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Remy Gardner © Tech 3 Racing
  • Hari pertama: Posisi 24 - 1'40.170
  • Hari kedua: Posisi 22 - 1'38.728
  • Kombinasi catatan waktu: Posisi 22

"Uji coba ini menguji fisik. Tapi secara bertahap saya mulai memahami motor kami. Setiap kali memasang ban baru, saya selalu mengalami kemajuan. Catatan waktu bukanlah target utama kami, karena saya hanya belajar untuk memahami motor, bekerja dengan ban lama, mempelajari kontrol traksi dan wheelie. Pada dasarnya semua elektronik.

"Saya juga harus mempelajari tenaga mesin, sistem ride-height, dan pengereman. Banyak hal yang harus dipelajari. Pada akhirnya catatan waktu kami lumayan baik. Saya bersenang-senang. Namun, tentu saya berkendara tanpa kemampuan terbaik saya, karena rusuk saya masih sakit (akibat kecelakaan di Portimao). Tapi saya ingin menjalani lebih banyak lap."

2 dari 5

Raul Fernandez - Tech 3 KTM Factory Racing

Raul Fernandez - Tech 3 KTM Factory Racing
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Raul Fernandez © Tech 3 Racing
  • Hari pertama: Posisi 19 - 1'39.083
  • Hari kedua: Posisi 20 - 1'38.691
  • Kombinasi catatan waktu: Posisi 20

"Saya sangat bahagia tapi saya sangat kelelahan! Rasanya sulit, dan sangat menuntut fisik. Pada hari pertama, semuanya nyaris baru. Saya sangat tegang di atas motor, jadi sulit untuk santai. Kadang saya tak bisa berkendara atau mengerem dengan cara yang saya mau.

"Namun, saya senang karena keseimbangan performa kami sangat baik. Kami menjalani banyak lap dengan ban lama, sangat kompetitif. Kami juga menjajal ban lunak untuk lap tunggal, sangat dekat dengan para rider pabrikan, hanya tertinggal kurang dari sedetik. Jadi, semuanya seimbang."

3 dari 5

Marco Bezzecchi - VR46 Racing Team (Ducati)

  • Hari pertama: Posisi 25 - 1'40.732
  • Hari kedua: Posisi 25 - 1'39'312
  • Kombinasi catatan waktu: Posisi 26

"Uji coba ini menyenangkan. Pada hari kedua, saya juga mengalami kemajuan besar. Rasanya menyenangkan berkendara selama dua hari. Jelas bahwa proses belajar bakal sangat panjang. Namun, saya bersikap tenang dan terus mencoba mengadaptasikan gaya balap saya pada motor.

"Saya tak bisa mengeluh. Secara umum saya punya sensasi yang sangat baik tiap kali turun lintasan. Kecepatan saya memang tak terlalu impresif, namun yang terpenting adalah saya percaya diri di atas motor. Saya juga mulai pakai rear ride-height device di trek lurus, sudah latihan start untuk balapan. Jadi, semuanya menyenangkan."

4 dari 5

Fabio di Giannantonio - Gresini Racing (Ducati)

Fabio di Giannantonio - Gresini Racing (Ducati)
Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio © Gresini Racing
  • Hari pertama: Posisi 22 - 1'39'628
  • Hari kedua: Posisi 26 - 1'38.528
  • Kombinasi catatan waktu: Posisi 19

"Kami mulai bekerja pada area elektronik motor, demi memahami di mana kami harus memperbaiki diri, di mana kami butuh tenaga lebih sedikit atau lebih banyak, serta melihat semua kendali yang kami punya saat ini. Sensasi saya pun terus mengalami kemajuan.

"Sayangnya, pada hari kedua terdapat angin kencang, hingga situasinya kritis. Gripnya sangat baik, namun anginnya kencang. Motor MotoGP punya banyak winglet, jadi sulit mengendalikan motor di tikungan-tikungan cepat. Tapi saya tetap bahagia."

5 dari 5

Darryn Binder - WithU Yamaha RNF MotoGP Team

Darryn Binder - WithU Yamaha RNF MotoGP Team
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder © MotoGP.com
  • Hari pertama: Posisi 27 - 1'41.749
  • Hari kedua: Posisi 26 - 1'39.941
  • Kombinasi catatan waktu: Posisi 27

"Lengan saya agak pegal usai dua hari uji coba di atas motor monster ini. Uji coba ini merupakan dua hari yang menyenangkan. Saya hanya mencoba tampil lebih baik dan mengembangkan diri. Sayang, sebelum makan siang, saya mengalami kecelakaan besar hingga memperlambat progres.

"Tapi saya senang bisa kembali berkendara untuk mengakhiri hari dengan beberapa lap. Kini kami akan menjalani rehat musim dingin dan saya tahu benar apa yang harus saya kerjakan. Ini dua hari yang sangat baik, motor kami sangat menyenangkan dikendarai, saya sangat menikmatinya. Saya juga senang bekerja dengan tim saya."

Sumber: MotoGP