FOLLOW US:


Jonathan Rea: Salut untuk Toprak, Saya Bakal Rebut Gelarnya di WorldSBK 2022

21-11-2021 21:40

 | Anindhya Danartikanya

Jonathan Rea: Salut untuk Toprak, Saya Bakal Rebut Gelarnya di WorldSBK 2022
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea © Kawasaki Racing

Bola.net - Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, mengungkapkan rasa salutnya kepada Toprak Razgatlioglu yang sukses mengunci gelar WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada Minggu (21/11/2021). Namun, lewat WorldSBK.com, Rea mengaku momen ini membuatnya makin 'lapar' untuk merebut gelar ketujuh pada 2022.

Razgatlioglu sukses mengunci gelar usai finis kedua dalam sesi Race 1, di mana Rea merebut kemenangan. Rea juga memenangi Race 2, di mana Razgatlioglu finis keempat. Meski gagal mempertahankan gelar dunia tahun ini, The Cannibal mengaku sangat senang mengakhiri musim 2021 dengan menyapu bersih dua kemenangan di Mandalika.

"Saya sangat senang karena telah tampil maksimal di sini. Saya senang bisa memenangi dua balapan di Mandalika dalam dua kondisi berbeda. Kering dan panas pada pagi, serta benar-benar basah pada siang. Sangat baik bagi saya mengakhiri musim dengan cara ini. Saya senang bisa pulang usai akhir pekan yang baik di trek baru," ujarnya.

1 dari 2

Salut pada Kemajuan Toprak Razgatlioglu

Pembalap 34 tahun ini mengacungkan jempol untuk Razgatlioglu, yang juga kawan baiknya. Ia tak segan mengaku tak senang harus kalah dalam perebutan gelar, namun menghormati kerja keras El Turco dan Yamaha dalam mencari kemajuan. Rea menegaskan bahwa dua kemenangan ini adalah bukti dirinya belum habis.

"Pembalap terbaik tahun ini jelas Toprak. Ia dan timnya telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Oke, saya memang tak berbahagia untuknya, namun saya sangat menghormati pekerjaan yang sudah ia dan timnya lakukan. Ia benar-benar mengalami kemajuan, levelnya sangat tinggi. Tapi performa saya sendiri juga terus meningkat," tutur Rea.

Bapak dua anak ini juga menyatakan bahwa kesuksesan Razgatlioglu dan Yamaha membuatnya bekerja makin keras dalam memberikan banyak referensi dan masukan kepada Kawasaki untuk memperbaiki performa pada 2022. Pasalnya, Rea sudah tak nyaman mengendarai motor Ninja ZX-10RR miliknya sejak pertengahan musim.

2 dari 2

Kembali Pakai Nomor 65

Kembali Pakai Nomor 65
Jonathan Rea kembali memakai nomor 65 usai WorldSBK Mandalika 2021. © Kawasaki Racing

"Akhir pekan ini kami sudah melakukan segalanya. Atas banyak alasan, saya tak merasa kalah di sini. Saya justru merasa kalah sejak tengah musim, di mana kami melakukan banyak kesalahan dan mengalami banyak masalah. Tapi saya tak memiliki penyesalan, saya bisa pulang dengan senang," tutur Rea.

Rea merayakan kemenangannya di Race 2 dengan mengganti nomor balap 1 ke nomornya sendiri, 65, sebagai rasa hormat untuk Razgatlioglu. Ia menyatakan bahwa kegagalannya merebut gelar 2021 sangat melecut motivasinya menjalani masa libur. Ia berjanji akan bekerja jauh lebih keras lagi demi merebut nomor 1 lagi.

"Saya punya banyak motivasi. Dengan waktu dan pengalaman, rasa lapar saya untuk menang makin besar. Dengan kekalahan ini, saya bisa membagi emosi dan rasa hormat untuk Toprak. Namun, saya menginginkan gelar itu kembali kepada saya. Saya ingin juara lagi. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah bekerja lebih keras lagi pada 2022," tutupnya.

Sumber: WorldSBK