FOLLOW US:


Belum Bidik Target di MotoGP 2020, Iker Lecuona Ogah Tertekan

15-01-2020 15:36

 | Anindhya Danartikanya

Belum Bidik Target di MotoGP 2020, Iker Lecuona Ogah Tertekan
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona © Tech 3

Bola.net - Pebalap baru Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona, mengaku belum membidik target apa pun menjelang musim debutnya di MotoGP tahun ini. Dalam wawancaranya dengan Paddock GP, ia mengaku hanya ingin fokus belajar dan memperbaiki performa secara bertahap.

Lecuona, yang baru meraih dua podium di Moto2, dan baru turun di ajang road race pada 2017, secara mengejutkan digaet oleh KTM untuk diturunkan di MotoGP bersama Tech 3. Pebalap yang baru berulang tahun ke-20 pada 6 Januari lalu ini pun mengaku tak menyangka.

"Panggilan dari KTM sungguh gila, tapi saya yakin ini peluang yang sangat baik bagi saya untuk belajar, terus berprogres dan mengalami kemajuan," ungkap Lecuona, yang jadwalnya semakin padat sejak dinyatakan naik ke MotoGP.

1 dari 2

Sudah Mulai Ubah Mentalitas

"Sejak turun di MotoGP, saya tak berhenti beraktivitas. Harus pergi ke mana-mana, menjalani wawancara dan lainnya. Tapi ini wajar. Saya rider termuda ketiga yang turun di MotoGP usai empat tahun di Moto2. Wajar jika orang tertarik, tapi saya tak terlalu peduli," tuturnya.

Pebalap asal Spanyol ini pun mengaku sudah mulai mengubah mentalitasnya lebih serius. Kini turun di kelas tertinggi dalam kejuaraan balap motor terakbar dunia, Lecuona pun yakin ia harus lebih serius dalam menjalani kariernya.

"Perilaku saya banyak berubah. Sebelumnya, saya bersenang-senang bahkan saat situasi tak berjalan baik. Kini saya lebih filosofis dan tenang. Saya senang bisa jadi rider MotoGP, ini impian saya. Tapi saya harus belajar, dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin," ujarnya.

2 dari 2

Ogah Tertekan Karena Target

Lecuona telah menjalani balapan pertamanya di MotoGP Valencia pada November, saat menggantikan Miguel Oliveira yang cedera. Ia tampil baik dengan langsung memperebutkan poin, meski gagal finis usai terjatuh. Ia pun ogah jemawa, dan belum mau mematok target apa pun pada 2020.

"Saat ini saya belum punya target, karena jika saya mematok sekarang, berarti saya akan membebani diri sendiri dan saya tak mau punya tekanan. Saya akan turun lintasan, menjalani lap demi lap, dan kita lihat saja nanti hasilnya," pungkasnya.

Saat ini, Lecuona tengah menjalani proses pemulihan cedera arm pump pada lengan kanannya usai operasi pada Senin (7/1/2020). Meski begitu, ia diperkirakan bakal fit untuk turun di uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 2-4 dan 7-9 Februari mendatang.