FOLLOW US:


Bradley Smith Akui Bisa Gantikan Andrea Iannone di MotoGP Jerez

23-06-2020 13:46
Bradley Smith Akui Bisa Gantikan Andrea Iannone di MotoGP Jerez
Bradley Smith © One Energy Racing

Bola.net - Test rider Aprilia Racing, Bradley Smith, mengakui dirinya berada di barisan terdepan kandidat pengganti sementara untuk Andrea Iannone di Aprilia Racing Team Gresini, setidaknya pada dua seri pertama MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, 17-19 dan 24-26 Juli.

Iannone tengah bergelut dengan Agen Anti-Doping Dunia (WADA), usai dijatuhi larangan berkompetisi selama 18 bulan oleh Pengadilan Disiplin (CDI) Federasi Balap Motor Internasional (FIM) akibat sampel urinnya yang diambil di Malaysia, terbukti mengandung steroid drostanolone.

Iannone dan WADA sama-sama melanjutkan kasus ini ke CAS, di mana Iannone meminta hukumannya ditangguhkan, dan WADA menuntut hukumannya diperpanjang menjadi empat tahun. Hingga kini, belum diketahui kapan CAS akan menggelar sidangnya.

1 dari 3

Tunggu Kepastian dari Aprilia

Tunggu Kepastian dari Aprilia
Test rider Aprilia Racing, Bradley Smith © MotoGP

Aprilia pun harus cari pengganti sementara Iannone, karena MotoGP 2020 akan segera dimulai. Pilihan paling masuk akal ialah menunjuk Smith. Kepada Oxford Mail seperti yang dikutip Crash.net pada Senin (22/6/2020), Smith pun mengaku peluangnya memang terbuka lebar.

"Saya belajar bersabar. Sebelum dapat kepastian, maka sulit mengatakan seberapa lama saya bisa balapan musim ini. Sidang Andrea tampaknya takkan digelar sebelum dua balapan pertama, jadi kami hanya duduk manis menunggu Aprilia memencet tombol hijau. Tapi untuk saat ini, saya berencana datang di seri pertama," ujarnya.

2 dari 3

Bakal Absen dari MotoE

Selain menjabat sebagai test rider Aprilia, Smith sejatinya juga membela WithU Motorsport di MotoE, yang setiap serinya digelar pada pekan balap yang sama dengan MotoGP, termasuk di kedua Seri Jerez nanti. Meski begitu, CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, berupaya cari jalan keluar.

"Manajer Bradley sudah menginformasikan kepada timnya di MotoE bahwa ia akan menggantikan Andrea sampai ada pemberitahuan berikutnya. Bradley adalah test rider sekaligus pebalap cadangan kami, itulah alasan ia jelas akan memulai musim ini untuk kami," ujar Rivola via Speedweek, Jumat (19/6/2020).

"Menjadikannya pebalap reguler kami untuk sementara adalah keputusan yang tepat. Bradley akan balapan sampai Andrea kembali. Selama musim panas, kami pun akan coba mencari tahu apakah Andrea bisa kembali ke lintasan tahun ini atau tidak," tutup eks bos Scuderia Ferrari dan Scuderia Toro Rosso di Formula 1 ini.

3 dari 3

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP Dimulai Pertengahan Juli 2020