FOLLOW US:


Bradley Smith Sudah Diskusi Bareng Test Rider KTM

01-08-2016 15:15
Bradley Smith Sudah Diskusi Bareng Test Rider KTM
Bradley Smith © Tech 3 Racing
Bola.net - Pebalap Monster Yamaha Tech 3 yang musim depan akan membela KTM Factory Racing, Bradley Smith mengaku sudah bicara dengan para test rider pabrikan asal Austria tersebut mengenai proses pengembangan RC16. Hal ini dilakukan di sela uji coba di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pada 19-20 lalu.

Dalam uji coba ini, test rider KTM, Mika Kallio mencatatkan waktu tercepat ke-17, tertinggal 1,951 detik dari pebalap tercepat dari Ducati Corse, Andrea Iannone. Meski tergolong margin yang cukup besar, Smith menyebut performa RC16 sudah menjanjikan, mengingat masih banyak waktu sebelum KTM benar-benar turun musim depan.

"Ini kabar baik. Catatan waktu mereka mengalami peningkatan, apalagi uji coba pertama mereka baru digelar sembilan bulan lalu. Saya senang, inilah ekspektasi saya pada KTM. Saya tak terkejut, saya percaya pada mereka. Mereka sudah bekerja selama dua tahun tanpa lelah. Semoga mereka sudah siap di MotoGP Qatar 2017," ujarnya kepada Speedweek.

Mika Kallio (c) MotoGP
Smith telah meminta penjelasan kepada Kallio, dan dua test rider KTM lainnya, Thomas Luthi dan Randy de Puniet. Meski begitu, rider Inggris ini ragu, mengingat Kallio terakhir kali turun di MotoGP 2010, sementara Luthi yang masih turun di Moto2 tak pernah turun di MotoGP. Yang terdekat hanyalah penjelasan de Puniet, test rider Suzuki MotoGP dua tahun lalu.

"Saya bicara dengan mereka, tapi tak mudah, karena Tom dan Mika tak punya perbandingan nyata dari motor MotoGP lainnya. Randy punya sedikit referensi dari Suzuki, dan ia berkata segalanya berjalan positif di KTM. Jika para test rider merasa nyaman saat uji coba, apa yang mereka katakan terkadang tak terlalu berarti," tuturnya.

Meski begitu, runner up GP125 ini tetap menaruh percaya pada pengembangan RC16. "KTM menggunakan motor MotoGP 2-3 tahun lalu sebagai referensi, dan ini bukan komparasi yang nyata dengan motor 2016. Tapi saya rasa kini mereka sudah paham titik kuat dan lemah mereka, toh catatan waktu mereka sudah menjanjikan," tutupnya. (sw/kny)