FOLLOW US:


'Cedera Marquez-Lorenzo Tak Pengaruhi Performa Honda'

05-03-2019 14:30
'Cedera Marquez-Lorenzo Tak Pengaruhi Performa Honda'
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo © MotoGP

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig meyakini bahwa cedera bahu yang dialami Marc Marquez dan cedera pergelangan tangan Jorge Lorenzo tak berdampak negatif pada proses pengembangan RC213V menjelang MotoGP 2019. Hal ini disampaikan Puig dalam wawancaranya bersama Motorsport.com belakangan ini.

Marquez diketahui menghabiskan musim dingin untuk pemulihan dislokasi bahu yang dioperasi pada Desember lalu usai merundungnya sejak 2014. Lorenzo sendiri masih dalam tahap pemulihan patah tulang scaphoid kiri usai terjatuh saat berlatih dirt track pada Januari lalu, hingga terpaksa absen dari uji coba pramusim Malaysia.

"Saya rasa cedera mereka tak berdampak, karena motor kami sudah dievaluasi tahun lalu, dan kami hanya menjajal beberapa komponen berbeda yang membuat kami bisa lebih baik lagi. Jelas jika kedua rider kami 100% fit, mungkin kami bisa dapat lebih banyak data. Tapi soal arah pengembangan motor, bakal sama saja," ujar Puig.

1 dari 2

Maklumi Kondisi Rider

Di lain sisi, Puig tak mau memberi beban kepada kedua ridernya pada balapan pertama di Losail, Qatar akhir pekan nanti. Ia mengakui Marquez belum mencapai kondisi terbugarnya, dan dapat memaklumi bila Lorenzo masih kesulitan meraih hasil baik pada beberapa balapan pertama musim ini.

"Kondisi Marc sudah lebih baik. Ia sempat kesulitan di Malaysia, namun mengalami kemajuan pesat di Qatar. Saya bisa katakan ia telah mencapai 80% dan saya harap bisa lebih baik lagi saat balapan. Sementara itu, Jorge agak berbeda karena ia belum pernah benar-benar fit di atas motor kami, jadi mungkin ia agak kesulitan pada beberapa balapan pertama," ungkapnya.

2 dari 2

Lorenzo Harus Bangkit

Meski begitu, Puig mengaku berharap besar pada Lorenzo sekalinya sang lima kali juara dunia itu pulih. Eks manajer Dani Pedrosa ini ingin Lorenzo segera kembali meraih performa terbaiknya, usai mengalami dua musim yang berat bersama Ducati dan dirundung cedera berkepanjangan.

"Jelas Jorge harus bangkit, mengingat ia baru keluar dari lingkungan yang sulit. Ia telah berbagi garasi dengan rider-rider yang sangat baik, dan sehabis mengalami situasi sulit. Metode kerjanya sangat unik, dan Honda menghormatinya. Bagaimanapun ia rider yang amat profesional, telah membela banyak tim besar dan punya pengalaman segudang," tutupnya.