FOLLOW US:


Crutchlow: Rider MotoGP Tolak Uji Coba Pascamusim di Jerez

16-05-2019 12:30
Crutchlow: Rider MotoGP Tolak Uji Coba Pascamusim di Jerez
Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow. © AP Photo

Bola.net - Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, menyatakan bahwa para rider MotoGP menolak untuk menjalani uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, pada November mendatang. Meski begitu, pihak penyelenggara, Dorna Sports, bersama tim-tim peserta menolak permintaan mereka.

Menurut 'tradisi' MotoGP, para peserta biasanya akan menjalani uji coba pascamusim di Valencia, Spanyol pada Selasa dan Rabu usai seri pamungkas digelar. Seminggu setelahnya, mereka akan menjalani uji coba kedua di Jerez, dan uji coba inilah yang ditolak oleh para rider. Sayang, tim mereka menolak keinginan tersebut.

Crutchlow pun menyatakan uji coba ini bisa memengaruhi kondisi engkel kanannya yang cedera akibat kecelakaan hebat di Australia pada November lalu. Sebuah plat dan beberapa sekrup ditanamkan pada engkelnya, dan operasi pengangkatan plat ini harus dilakukan pada akhir tahun nanti.

"Saat ini, saya punya masalah lebih banyak pada engkel dan saraf kaki ketimbang awal musim ini. Saya sudah bicara dengan para dokter soal pengambilan metal pada engkel saya, tapi sepertinya takkan bisa dilakukan sampai akhir tahun nanti," ungkap Crutchlow kepada Speedweek.

1 dari 2

Pebalap Ingin Cepat Rehat

Masalahnya, para rider MotoGP tak bisa langsung bebas melakukan kegiatan sepenuh hati usai uji coba pascamusim di Valencia, karena harus pergi ke Jerez untuk menjalani uji coba selanjutnya. Crutchlow pun menyatakan bahwa ide penghapusan uji coba Jerez ini telah dicetuskan sejak tahun lalu.

"Tahun lalu, semua pebalap, kecuali Tito Rabat, sepakat ingin liburan saja usai musim berakhir, tapi kami tetap harus uji coba di Jerez. Saya ingin pergi ke rumah sakit untuk operasi, dan butuh 10 hari libur, tapi saya malah harus uji coba. Semua pebalap sepakat, tapi tim menghalangi. Kami akan meminta tim kami untuk tak uji coba, tapi sepertinya takkan dituruti," ujarnya.

2 dari 2

Minta Test Rider Saja yang Uji Coba

Alasan tim peserta tak menuruti keinginan pebalap sejatinya cukup masuk akal, mengingat uji coba pascamusim sangat penting untuk mengumpulkan data bagi para teknisi, yang akan mengerjakan motor mereka selama musim dingin. Tapi Crutchlow yakin seharusnya uji coba Jerez dilakukan oleh para test rider saja.

"Biarkan saja test rider yang berkendara. Memang berapa sih kelebihan biaya yang harus ditanggung? 300, 400, 500 ribu euro? Merekalah yang harus berkendara, karena mereka dibayar untuk itu," tutup pebalap asal Inggris ini.

Crutchlow akan kembali turun lintasan dalam pekan balap MotoGP Le Mans, Prancis akhir pekan nanti. Saat ini ia duduk di peringkat kedelapan pada klasemen pebalap dengan koleksi 27 poin.