FOLLOW US:


Dani Pedrosa Bakal Tangani Pengembangan KTM pada 2020

18-08-2019 09:30

 | Anindhya Danartikanya

Dani Pedrosa Bakal Tangani Pengembangan KTM pada 2020
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM/Gorodniakova I.

Bola.net - Direktur Teknis KTM, Sebastian Risse, menyatakan bahwa pengembangan RC16 di MotoGP musim ini sangat terbantu oleh kehadiran Dani Pedrosa sebagai test rider. Hal ini pun membuat KTM tertarik untuk menggantungkan pengembangan RC16 versi 2020 pada tiga kali juara dunia tersebut.

Sebelum memutuskan pensiun balapan pada akhir musim lalu, Pedrosa telah turun di ajang Grand Prix selama 18 tahun bersama Honda, yang 13 tahun di antaranya ia jalani di MotoGP dengan Repsol Honda. Usai pensiun, ia pun pindah ke KTM dan menerima tawaran sebagai pengembang RC16 yang diturunkan sejak 2017.

Meski sempat mengalami cedera tulang bahu pada awal tahun ini dan baru beberapa kali menjalani uji coba, rider Spanyol ternyata langsung mampu memberikan masukan-masukan positif demi kemajuan yang signifikan untuk KTM.

"Ia sangat membantu pengembangan mesin dan elektronik, di mana ia punya jauh lebih banyak pengalaman dibanding para pebalap kami dan Mika Kallio (test rider KTM lainnya)," ujar Risse kepada Crash.net di sela MotoGP Austria di Red Bull Ring akhir pekan lalu.

1 dari 2

Bantu Rider Lain Temukan Kenyamanan

Masukan-masukan Pedrosa ini pun sangat dirasakan pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro, yang musim ini makin konsisten bertarung di posisi 10 besar, meski pebalap KTM lainnya, seperti Johann Zarco dan Hafizh Syahrin, masih belum juga tampil kompetitif.

"Tak semua rider merasakan setiap kemajuan yang Dani rasakan, tapi jika Anda merakit sebuah paket motor dari 10 perkembangan, dan lalu memberikannya kepada para pebalap, maka mereka mungkin akan berkata, 'Nah, inilah yang selama ini kucari'," ungkap Risse.

"Pada dasarnya itulah yang menjadi salah satu fokus kami musim ini, dan jelas motor musim depan juga akan ditangani Dani lebih jauh. Kami akan menguji coba paket ini sesegera mungkin, juga bersama para pebalap GP kami," lanjutnya.

2 dari 2

Puji Performa Pol Espargaro

Risse juga memuji performa Espargaro. Usai didera rentetan cedera tahun lalu, kini Polyccio telah kembali bugar dan mampu tampil kompetitif. Ia sukses mengancam para rider papan atas dalam beberapa balapan, dan hasil terbaiknya musim ini adalah finis keenam di Le Mans, Prancis.

"Pol menjalani musim yang berat tahun lalu akibat cedera, dan tahun ini Anda bisa melihatnya berada di level lain. Dari sudut pandang ini, kami bisa lihat bahwa ia mengalami kemajuan besar selama musim dingin," pungkas Risse.

Sejak turun sebagai tim pabrikan secara penuh, KTM telah mengantongi satu podium, yakni lewat Espargaro yang finis ketiga di MotoGP Valencia, Spanyol yang digelar dalam kondisi hujan musim lalu. Kini, KTM tengah menanti podium perdana mereka dalam balapan dengan kondisi kering.

Sumber: Crash.net