FOLLOW US:


Lorenzo Baldassarri Beber Alasan Tinggalkan Akademi Valentino Rossi

16-08-2019 13:45
Lorenzo Baldassarri Beber Alasan Tinggalkan Akademi Valentino Rossi
Pebalap Flexbox HP 40, Lorenzo Baldassarri © AP Photo

Bola.net - Pebalap Flexbox HP 40 Moto2, Lorenzo Baldassarri akhirnya membeberkan alasannya hengkang dari akademi balap Valentino Rossi, VR46 Riders Academy akhir musim nanti. Sama seperti Nicolo Bulega yang lebih dulu merilis pernyataan resmi, Baldassarri juga mengaku kepada Motosprint bahwa dirinya ingin lebih mandiri.

Baldassarri merupakan salah satu pebalap yang tergabung dengan VR46 sejak akademi tersebut resmi terbentuk pada 2014 lalu. Berlatih bersama rider-rider muda Italia lainnya, dibimbing langsung oleh The Doctor, performa Baldattack juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Pebalap 22 tahun ini pun mengaku sudah berkonsultasi langsung dengan Rossi soal kegundahannya, dan tak mendapatkan kekangan apa pun dari Rossi dan pihak manajemen VR46. Mulai musim depan, ia pun dimanajeri oleh Simone Battistella, yang juga manajer Andrea Dovizioso dan Alvaro Bautista.

"Seperti semua hal, ada awal dan ada akhir. Ini sudah waktunya. Kami akan bekerja sama sampai akhir tahun, tapi jalan kami akan terpisah. Saya bisa saja melanjutkan kolaborasi ini sampai tiga tahun lagi, tapi ini keputusan penting. Saya pun bicara dengan Vale untuk meminta nasihat," ujar Baldassarri seperti yang dikutip Paddock GP.

1 dari 2

Butuh Hal Lain untuk Maju

"Vale bilang, tujuan akademi ini membantu pebalap berkembang, dan mengantar mereka ke tempat yang biasanya tak bisa dicapai sendirian. Di titik ini, sangat penting melihat apa kebutuhan saya. Saya pun sadar butuh hal lain untuk maju. Saya harus menjadi diri sendiri dan bukan orang lain," ungkapnya.

Baldassarri mengaku telah memikirkan peluang hengkang sejak awal tahun ini, namun sempat mengalami dilema. Ia tak malu-malu menyatakan bahwa rasa cemas inilah yang membuatnya terpuruk usai meraih tiga kemenangan dalam empat seri pertama.

"Saya sempat cemas karena tadinya saya tak mau meninggalkan akademi. Saya adalah bagian dari grup ini dan idola saya ada di sisi saya. Akademi ini juga berdampak besar pada kinerja saya dalam dunia balap. Sayangnya, hal-hal ini membuat saya kepikiran dan tak membantu performa saya," jelasnya.

2 dari 2

Ingin Pertahankan Hubungan Baik

Meski begitu, Baldassarri, yang selama ini tinggal serumah dengan Francesco 'Pecco' Bagnaia di Pesaro, Italia, mengaku ingin tetap punya hubungan baik dengan VR46. Contohnya seperti Mattia Pasini, sahabat Rossi yang tetap ikut latihan bersama VR46 meski bukan merupakan anggota resmi.

"Jika Anda membuka bab baru dalam profesi ini, rasanya seolah terus-terusan bertemu mantan pacar. Sudah jelas saya ingin mempertahankan hubungan baik ini, bahkan di Ranch, seperti Mattia Pasini, yang bukan bagian dari akademi," pungkasnya.

Saat ini, Baldassarri tengah berada di peringkat kelima pada klasemen pebalap Moto2 dengan koleksi 115 poin, tertinggal 66 poin dari Alex Marquez yang ada di puncak. Usai sempat digosipkan bakal naik ke MotoGP, ia dipastikan bertahan di Moto2 bersama Flexbox HP 40.

Sumber: Motosprint/Paddock GP