FOLLOW US:


Eks Pelatih Valentino Rossi: Marc Marquez Itu Menakutkan

16-08-2019 12:15

 | Anindhya Danartikanya

Eks Pelatih Valentino Rossi: Marc Marquez Itu Menakutkan
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez © HRC

Bola.net - Tiga kali juara dunia, sekaligus eks pelatih balap Valentino Rossi, Luca Cadalora menyatakan bahwa pebalap Repsol Honda, Marc Marquez memang merupakan momok paling menakutkan di MotoGP. Hal ini disampaikan Cadalora kepada Paddock GP baru-baru ini.

Cadalora menjabat sebagai pelatih balap Rossi pada 2017 dan 2018, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun demi menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya di rumah. Selama mendampingi Rossi, Cadalora tentu melakukan pengamatan pada seluruh pebalap, tak terkecuali Marquez.

"Saya tak pernah melihat hal macam ini. Marc itu menakutkan. Ia sangat kuat. Ia mengambil risiko yang sangat tinggi. Ia tak selalu berpikir panjang, atau justru selalu hanya memikirkan performa maksimal," ujar juara dunia GP125 1986 dan GP250 1991-1992 ini.

1 dari 2

Honda Dirakit untuk Marquez

Honda Dirakit untuk Marquez
Luca Cadalora © Yamaha

Cadalora juga mengaku takjub melihat performa Marquez di lintasan, yang dikenal dengan aksi-aksi 'save' yang mencengangkan. Pria asal Italia ini yakin pebalap lain tak punya kemampuan serupa dengan rider 26 tahun tersebut.

"Honda adalah motor yang dirakit untuknya. Ban depannya selip rata-rata tiga kali dalam sebuah pekan balap. Jika itu pebalap lain, mereka pasti sudah terjatuh tanpa pernah paham bagaimana bisa mereka melakukannya," ungkap Cadalora.

2 dari 2

Takkan Dilepas Honda

Marquez sendiri kini telah mengoleksi tujuh gelar dunia, lima di antaranya ia raih di MotoGP selama enam musim terakhir. Tahun ini, ia pun tengah di ambang gelar dunia selanjutnya, dan Cadalora yakin Honda takkan mudah melepaskan Marquez begitu saja ke tim lain di masa depan.

"Saya yakin atas satu hal: Honda takkan pernah membiarkan pebalap nomor satunya pergi. Mereka tahu mereka harus mempertahankannya. Tapi jika perpisahan mereka terjadi, maka tanpa Marc, Honda akan mengalami masalah: bagaimana mereka harus mengembangkan motor itu?" pungkasnya.

Menjelang MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang, Marquez tengah duduk di puncak klasemen pebalap dengan 230 poin. Rider Honda terdekat adalah Cal Crutchlow (LCR Honda) yang duduk di peringkat kesembilan dengan 78 poin.

Sumber: Paddock GP