FOLLOW US:


De Puniet Kini Jadi Pelatih Pribadi Quartararo di Moto3

30-07-2016 14:00
De Puniet Kini Jadi Pelatih Pribadi Quartararo di Moto3
Fabio Quartararo © Leopard Moto
Bola.net - Selain sibuk menjadi test rider resmi KTM yang akan turun di MotoGP 2017, kini Randy de Puniet menjadi riding coach bagi rider muda Leopard Racing KTM Moto3, Fabio Quartararo. Mantan rider MotoGP itu bahkan telah mendampinginya dalam uji coba Moto2 dan Moto3 di Red Bull Ring, Austria awal pekan ini.

Quartararo menjalani debut Grand Prix tahun lalu bersama Estrella Galicia 0.0 Honda, dianggap sebagai rookie kontroversial karena diperbolehkan turun lintasan bahkan ketika usianya belum mencapai 16 tahun. Dispensasi ini diberikan oleh MotoGP dan Dorna Sports setelah El Diablo menjuarai CEV Moto3 2013-2014.

Disebut-sebut sebagai rookie sensasional, Quartararo digadang-gadang akan menjadi The Next Marc Marquez. Sayangnya, ia hanya mampu menduduki peringkat ke-10 pada akhir musim, dan memutuskan hijrah ke Leopard Racing KTM tahun ini. Ia juga memutuskan hubungan kerja dengan manajer Marquez, Emilio Alzamora.

"Fabio menelepon saya beberapa waktu lalu. Ia berada dalam fase tak stabil, karena ia berhenti bekerja dengan manajer dan pelatihnya. Saya datang ke Spielberg sebagai riding coach, mengendarai skuter di lintasan dan memberinya saran. Fabio juga ingin saya hadir saat balapan. Sayangnya saya juga menjadi komentator di EuroSport, jadi saya tak punya waktu untuknya saat balapan," ujar de Puniet kepada Speedweek.

Sembilan seri musim ini telah berlalu, dan Quartararo belum mampu mengulang prestasinya musim lalu, di mana ia mengoleksi dua pole dan dua podium. Ia tengah berada di peringkat ke-14 di klasemen dengan koleksi 39 poin. Pengalaman de Puniet di Grand Prix pun akan bermanfaat untuknya, meski belum ada kerjasama resmi di antara mereka.

"Kini kami selalu berlatih bersama. Terkadang Fabio datang ke rumah saya di Andorra, kadang kami bertemu di selatan Prancis, juga pergi ke Italia untuk berlatih motocross. Ini menyenangkan, dan kami akan terus seperti ini. Kita lihat saja nanti apakah ada kerjasama permanen. Saya jelas tak mau datang ke Grand Prix sebagai teman dan membersihkan helmnya!" gurau de Puniet. (sw/kny)