FOLLOW US:


Dorna Tekad Bantu Cal Crutchlow Cari Tim di MotoGP 2021, Bisa ke Aprilia

07-07-2020 10:46

 | Anindhya Danartikanya

Dorna Tekad Bantu Cal Crutchlow Cari Tim di MotoGP 2021, Bisa ke Aprilia
Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow © LCR Honda

Bola.net - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menegaskan pihaknya akan mencoba membantu Cal Crutchlow mencari tim untuk dibela di MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan kepada Motorsport.com, Senin (6/7/2020), menyusul kabar bergabungnya Pol Espargaro ke Repsol Honda.

Meski belum ada pengumuman resmi, bergabungnya Espargaro membuat Repsol Honda terpaksa mendepak Alex Marquez akhir musim nanti, bahkan ketika juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 itu belum sekalipun menjalani debutnya di MotoGP tahun ini.

Kabarnya, Alex Marquez akan 'ditransfer' ke LCR Honda, menggantikan Crutchlow, meski sang manajer tim, Lucio Cecchinello, sangat keberatan harus melepas rider asal Inggris tersebut. Takaaki Nakagami diperkirakan bertahan berkat dukungan besar dari Idemitsu.

1 dari 3

Bisa Pindah ke Aprilia Racing

Bisa Pindah ke Aprilia Racing
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta © MotoGP.com

Crutchlow sempat mengaku negosiasinya dengan Honda sudah berjalan sejak awal tahun ini, namun tampaknya sekarang ia harus mencoba mencari tim lain, setelah membantah bahwa ia ingin pensiun pada akhir musim nanti.

Satu-satunya tim yang paling masuk akal baginya adalah Aprilia Racing, yang terancam kehilangan Andrea Iannone, yang kini tersandung kasus dugaan pemakaian doping. Rider Aprilia lainnya, Aleix Espargaro, bahkan mengaku akan senang jika bisa setim dengan Crutchlow.

Ezpeleta tak mau menanggapi gosip kepindahan Crutchlow ke Aprilia, namun menegaskan akan memberi bantuan. "Saya ingin Cal bertahan dengan kami dalam waktu yang lama, dan seperti yang sering kami lakukan, kami akan membantunya mencari tempat pada 2021," ujarnya.

2 dari 3

Tak Kaget Pol Espargaro Pindah ke Repsol Honda

Tak Kaget Pol Espargaro Pindah ke Repsol Honda
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro © KTM/Polarity Photo

Pada wawancara yang sama, Ezpeleta juga mengaku sama sekali tak kaget saat mendengar gosip bahwa Espargaro hendak pindah ke Repsol Honda. Pria asal Spanyol berusia 74 tahun ini mengaku sudah cukup lama mengetahui rencana Honda untuk masa depan mereka.

"Tanda tangan Pol dengan Honda tak mengejutkan saya. Saya paham hal ini mengejutkan beberapa orang, tapi saya tahu situasinya dan bagaimana ini bisa terjadi. Pada umumnya, tak satupun hal mengejutkan saya, karena saya dapat lebih banyak informasi ketimbang orang lain," tuturnya.

Para rider MotoGP akan kembali turun lintasan pada seri pertama 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang, dimulai dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP Dimulai Pertengahan Juli 2020