FOLLOW US:


Ducati: Faktor Finansial Tentukan Masa Depan Andrea Dovizioso

13-05-2020 13:30

 | Anindhya Danartikanya

Ducati: Faktor Finansial Tentukan Masa Depan Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, akhirnya angkat bicara soal masa depan Andrea Dovizioso di MotoGP 2021. Dalam wawancara dengan Moto.it, Ciabatti menyatakan ingin melanjutkan kerja sama rider Italia itu, namun hanya jika sepakat soal nilai gaji yang masuk akal.

Belakangan ini, Dovizioso santer dikabarkan bakal hengkang dari Ducati, karena pabrikan Italia itu tengah mengincar rider-rider muda. Meski begitu, ada gosip lain yang menyatakan bahwa goyahnya hubungan Ducati dan Dovizioso diakibatkan masalah finansial.

Untuk 2019 dan 2020, Dovizioso dikabarkan dapat bayaran sebesar 6 juta euro per musim berkat prestasi yang apik. Di lain sisi, kini pandemi virus corona memaksa semua tim menekan biaya balap, dan para pebalap kemungkinan besar akan mengalami pemotongan gaji tahun depan.

1 dari 3

Tak Bisa Negosiasikan Kontrak Seperti Dulu

Tak Bisa Negosiasikan Kontrak Seperti Dulu
Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti © Ducati

Ciabatti pun menyatakan pandemi yang menunda musim 2020 membuat tim-tim mulai berpikir mempertahankan line up pada 2021. "Itu memang logis, Davide Tardozzi (Manajer Ducati Team) dan Gigi Dall'Igna (General Manager Ducati Corse) juga menegaskan pilihan kami harus diambil dari pebalap kami sendiri," ujarnya.

Tapi, Ciabatti menyebut faktor finansial lagi-lagi jadi hal penting yang harus didiskusikan. "Situasi ekonomi telah berubah, jadi kami tak bisa mempertimbangkan kontrak seperti dulu. Kami harus ambil keputusan berdasar dana yang sesuai. Target kami adalah balapan dengan rider kami sendiri, tapi dengan dana berbeda," ungkapnya.

Jadi, apakah ini bisa memengaruhi kontrak Dovizioso? Ciabatti pun mengakuinya, dan berharap hal ini bisa terselesaikan karena Ducati ingin melanjutkan kisah suksesnya dengan Dovizioso, yang telah membela mereka sejak 2013 dan menjadi ujung tombak pengembangan Desmosedici.

2 dari 3

Aspek Ekonomi Bisa Jadi Kendala

"Secara pribadi, saya yakin di samping naik turunnya hubungan, kisah Andrea adalah kisah yang sukses. Ia satu-satunya rider yang konsisten membuat Marc Marquez gusar selama tiga tahun terakhir. Dovi rider yang ambisius, sama seperti Ducati. Saya rasa kami punya visi yang sama soal ini," tutur Ciabatti.

"Setelah delapan tahun bersama, bakal menyenangkan jika kami bisa melanjutkan kerja sama. Saya tak melihat ada masalah krusial yang bisa menghentikan kerja sama kami. Tapi sudah jelas aspek ekonomi bisa menjadi kendala," pungkasnya.

Saat ini, Ducati juga tengah mempertimbangkan kedua rider muda mereka di Pramac Racing, Jack Miller dan Francesco Bagnaia, untuk diturunkan di tim pabrikan pada 2021 mendatang.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP