FOLLOW US:


Ducati Keukeuh Izinkan Dovizioso Balapan Motocross Keputusan Tepat

01-07-2020 11:20

 | Anindhya Danartikanya

Ducati Keukeuh Izinkan Dovizioso Balapan Motocross Keputusan Tepat
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, keukeuh mengizinkan rider Ducati Team MotoGP, Andrea Dovizioso, untuk ikut balapan kejuaraan motocross regional Monte Coralli di Faenza, Italia, Minggu (28/6/2020), tetap merupakan keputusan tepat walau berujung cedera bahu.

Partisipasi Dovizioso dalam balapan itu sudah tersiar sejak awal Juni, dan banyak pihak heran Ducati memberinya izin. Itu karena motocross, meski dilakukan rutin oleh banyak rider MotoGP, tetap merupakan metode yang berbahaya, apalagi jika dilakukan dalam sebuah kompetisi profesional.

Ternyata, Dovizioso justru mengalami kecelakaan dalam balapan itu, mendarat di permukaan tanah yang licin usai melompati gundukan trek. Ia mengalami highside, terjatuh keras lebih dulu pada bahu kiri, dan tulang bahunya pun patah hingga harus dioperasi pada malam harinya.

1 dari 3

Izin Spesial

Ciabatti pun menyatakan partisipasi Dovizioso dalam balapan itu telah didiskusikan secara serius, apalagi 'Dovi' butuh mempertajam insting berkompetisinya karena sudah tak balapan sejak MotoGP Valencia 2019. Ciabatti juga menyatakan bahwa izin dari Ducati adalah 'izin spesial'.

View this post on Instagram

A post shared by Andrea Dovizioso (@andreadovizioso) on

"Tentu dia meminta izin. Seperti yang Anda tahu, kontrak pebalap melarang partisipasi di kompetisi lain atau kompetisi berbahaya. Balapan motocross merupakan salah satu yang tak boleh dilakukan pebalap kecuali ia dapat izin spesial dari pabrikan yang menaunginya," ujarnya kepada MotoGP.com, Selasa (30/6/2020).

"Tapi mengingat pandemi memaksa rider menghentikan aktivitasnya selama beberapa bulan dan baru saja bisa berlatih kembali, serta turun dalam balapan bisa memberikan perasaan berbeda, maka kami memutuskan untuk membiarkan Andrea melakukannya," lanjut Ciabatti.

2 dari 3

Bukan Kesalahan

Pria asal Italia ini juga mengaku tahu beberapa pihak menyebut Ducati sembrono karena membiarkan Dovizioso ikut balapan motocross hanya tiga pekan sebelum balapan pertama MotoGP 2020 digelar. Namun, ia tetap yakin izin tersebut adalah yang terbaik untuk persiapan Dovizioso.

"Beberapa orang menyebut kami melakukan kesalahan dengan mengizinkan Andrea ikut balapan. Tapi itulah yang kami lakukan dan yang terjadi sudah terjadi. Untungnya, ini tidak akan memengaruhi partisipasinya di MotoGP 2020 dan saya rasa ia akan 100% fit pada balapan pertama," tutupnya.

Dovizioso dan para rider MotoGP lainnya akan kembali berjumpa di lintasan pada seri pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP