FOLLOW US:


Ducati Tunggu Keputusan Sidang FIM Soal Winglet GP19

24-03-2019 10:10
Ducati Tunggu Keputusan Sidang FIM Soal Winglet GP19
Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Usai FIM MotoGP Court of Appeal mengadakan sidang mengenai kasus penggunaan winglet Ducati, hasil keputusan soal legalitas perangkat tersebut akan diumumkan pada Senin (25/3) atau Selasa (26/3), demikian yang dilansir Crash.net. Sidang ini telah digelar di Jenewa, Swiss pada Jumat (22/3) dan dihadiri perwakilan Ducati dan empat pabrikan pemrotes, yakni Aprilia, Honda, KTM dan Suzuki.

Dalam sidang ini, Ducati diwakili sang General Manager sekaligus insinyur utamanya, Luigi 'Gigi' Dall'Igna dan sang Koordinator Teknis, Fabiano Sterlacchini. Sementara itu Aprilia Racing diwakili sang CEO, Massimo Rivola; sementara Honda, KTM dan Suzuki masing-masing diwakili oleh manajer tim masing-masing, yakni Alberto Puig, Mike Leitner dan Davide Brivio.

Belum ada pernyataan resmi baik dari MotoGP maupun Federasi Balap Motor Internasional (FIM), namun Dall'Igna telah mengaku kepada La Gazzeta dello Sport bahwa Ducati telah diminta untuk mengungkapkan data bahwa winglet yang tertempel pada swingarm tiga motor Desmosedici GP19 di Qatar lalu memang sekadar berfungsi mendinginkan ban belakang dan tidak menghasilkan downforce tambahan.

1 dari 2

Tak Ingin Kemenangan Dovizioso Dicabut

Jika winglet ini benar-benar terbukti menghasilkan downforce tambahan dan dinyatakan ilegal oleh FIM, maka Ducati tak boleh menggunakannya lagi terhitung sejak MotoGP Argentina pada 29-31 Maret, dan kemenangan Andrea Dovizioso di Qatar terancam dicabut.

Meski begitu, keempat pabrikan pemrotes telah menegaskan bahwa mereka tak ingin kemenangan Dovizioso dan Ducati dicabut oleh FIM, dengan dalih bahwa protes ini mereka layangkan hanya untuk meminta klarifikasi soal regulasi yang telah ditentukan Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge.

2 dari 2

Tak Hanya Dovizioso yang Terancam

Tak hanya kemenangan Dovizioso yang terancam dicabut, melainkan hasil finis keenam yang diraih oleh Danilo Petrucci. Rider Alma Pramac Racing, Jack Miller juga memakai winglet tersebut, namun gagal finis akibat kerusakan pada jok motornya di awal balap.