Hanya Soal Waktu: Maverick Vinales Pede Bisa Menang Bareng Aprilia

Anindhya Danartikanya | 20 April 2022 12:35
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - Usai melupakan segala drama yang ia alami bersama Yamaha, kini Maverick Vinales punya misi baru, yakni bahu-membahu dengan Aleix Espargaro untuk membawa Aprilia Racing konsisten bertarung di papan atas MotoGP. Espargaro sudah sukses menang di Argentina, dan Vinales yakin gilirannya hanyalah soal waktu.

Lewat situs resmi MotoGP.com, Jumat (15/4/2022), Vinales tak memungkiri awal kerja samanya dengan Aprilia tidaklah mulus karena ia tak langsung kompetitif. "Selama ini, saya selalu di depan, masuk 3-4 besar. Jadi, melaju di papan bawah sangatlah berat. Tapi saya harus menerimanya dan tetap bekerja keras," tuturnya.

Vinales menyebut Aprilia memiliki atmosfer kerja yang harmonis, sehingga ia mudah mendapatkan rasa percaya diri. "Saya datang dari motor dan pabrikan berbeda, serta dari karakter pabrikan yang sangat berbeda. Yang paling penting, sekarang setiap kali naik motor, saya tahu apa yang lebih baik dan apa yang lebih buruk," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Harus Adaptasi Ulang, Belum Cocok Sempurna

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Menjalani debut di MotoGP 2015, Vinales pernah membela Suzuki dan Yamaha, yang mesinnya sama-sama berkonsep inline-4. Alhasil, bersama Aprilia, untuk pertama kalinya ia mengendarai mesin V4. Semua ini meletakkan Vinales di situasi yang sangat berbeda, apalagi RS-GP dikembangkan berdasarkan masukan Espargaro sejak 2017.

"Saya harus beradaptasi ulang pada semua hal. Setiap kali saya naik motor, segalanya terasa baru. Jadi, motor itu belum jadi bagian dari diri saya. Kami belum cocok sempurna. Namun, saya sudah melaju cepat, jadi saya ingin melihat bagaimana performa saya ketika saya sudah cocok sempurna dengan motor itu," kata Top Gun.

Melihat Espargaro menang di Argentina, Vinales pun semakin terlecut untuk mengejar ketertinggalan. Uniknya, ia juga mengaku tak merasa iri melihat kesuksesan rider yang juga sahabatnya itu. Ia mengaku itu adalah pertama kali baginya merasa bahagia dikalahkan tandemnya.

2 dari 2 halaman

Justru Senang Dikalahkan Espargaro di Argentina

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

"Di Argentina, saya merasa sangat bahagia. Saya tak pernah memiliki perasaan semacam itu. Namun, untuk pertama kalinya saya merasa senang dikalahkan oleh tandem saya. Saya merasa baik-baik saja. Saya justru senang untuk tim saya. Andai itu terjadi pada saya, sisi garasi yang satu pasti juga ikut bahagia," ungkapnya.

Vinales yang meraih satu kemenangan dengan Suzuki dan delapan bersama Yamaha, yakin kemenangan bersama Aprilia hanyalah soal waktu. Kini ia sangat fokus belajar memahami RS-GP lebih jauh, dan ia senang bisa mendapatkan kesempatan ini tanpa dibebani oleh timnya untuk cepat-cepat meraih hasil mentereng.

"Ini adalah proses belajar. Saya tadinya naik motor berbeda selama bertahun-tahun. Saya butuh waktu, kerja tanpa tekanan, tanpa ekspektasi. Saya yakin hasil baik akan datang. Saya melihat diri saya bisa menang dengan Aprilia. Ini hanya soal waktu. Entah berapa lama waktu yang saya butuhkan, tapi saya selalu yakin bisa menang," tutupnya.

Sumber: MotoGP

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR