FOLLOW US:


Hungaria Siap Bangun Sirkuit Baru Demi Gelar MotoGP 2023

23-06-2020 14:05
Hungaria Siap Bangun Sirkuit Baru Demi Gelar MotoGP 2023
MotoGP Sepang, Malaysia 2019 © AP Photo

Bola.net - Hungaria tampaknya masih berniat menjadi salah satu tuan rumah MotoGP. Menteri Inovasi dan Teknologi mereka, Laszlo Palkovics, pun menyatakan bahwa sebuah sirkuit baru akan siap dibangun di bagian timur laut Hungaria. Demikian yang dilansir Origo.hu.

Bukan rahasia lagi bahwa Hungaria ingin masuk ke dalam kalender balap MotoGP. Meski begitu, Sirkuit Hungaroring yang terletak di Budapest dan selama ini biasa digunakan untuk menggelar Formula 1, dinilai kurang layak dan aman untuk menggelar MotoGP.

Setelah sempat gagal membangun Sirkuit Balatonring pada 2010, tampaknya Hungaria siap merancang rencana lain. Menurut yang dikutip Crash.net, pemerintah setempat siap menggelontorkan biaya sebesar 188 juta euro untuk membangun sirkuit baru, termasuk fasilitas lainnya seperti hotel.

1 dari 2

Semua Berkat Juara Dunia GP125 2007

Sirkuit yang juga dijadikan proyek pembangkitan ekonomi pasca pandemi virus corona ini, nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan MotoGP dan F1. Untuk MotoGP sendiri, Palkovics menyatakan bahwa kontrak pertamanya berdurasi 8 tahun mulai 2023, ketika MotoGP sudah memiliki 22 seri per musim.

Eks pebalap GP125 yang juga juara dunia 2007, Gabor Talmacsi, yang juga hadir dalam jumpa pers pengumuman ini, mendapat pujian dari Palkovics, yang menyebutnya sebagai motivasi pemerintah Hungaria untuk memasukkan negara mereka ke dalam kalender MotoGP.

Hungaria pernah menggelar ajang balap motor Grand Prix di Sirkuit Hungaroring pada 1990 dan 1992.

2 dari 2

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP