Joan Mir Kecewa Berat: Suzuki Makin Oke, Tapi Keok di MotoGP Qatar

Anindhya Danartikanya | 8 Maret 2022 11:03
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. (c) Suzuki Racing

Bola.net - Joan Mir dibikin terheran-heran oleh performanya dalam MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (6/3/2022), di mana ia hanya mampu finis keenam usai digadang-gadang bakal meramaikan perebutan podium. Kepada Crash.net, Mir menyatakan terdapat masalah grip ban belakang Suzuki, yang uniknya tak pernah terjadi tahun lalu.

Start kedelapan, Mir mampu naik ke posisi keempat pada lima lap pertama. Namun, kemudian ia disalip oleh Enea Bastianini dan Aleix Espargaro. Ia pun bertahan di posisi keenam sampai finis. Juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020 ini mengaku grip ban belakang mediumnya tak ideal sepanjang balapan.

Padahal, grip ban belakang adalah kekuatan Suzuki pada 2021, karena Mir kerap memberi ancaman di paruh kedua balapan. Nyatanya, hal ini tak terjadi di Qatar akhir pekan lalu. "Balapan yang mengecewakan. Start saya oke dan saya menikmati lap pertama, tapi lalu ada masalah tak terduga dengan grip ban belakang," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Bukan Karena Penambahan Tenaga Mesin

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. (c) Suzuki Racing

"Normalnya, kami baik di area ini (grip ban belakang) dan itulah area yang saya pedulikan. Namun, beginilah yang terjadi. Kami akan coba memahami apa penyebabnya dan kami akan cari apa yang bisa kami lakukan agar lap kami lebih baik. Jujur, hal macam ini sulit dipahami," lanjut pembalap Spanyol berusia 24 tahun ini.

Ada dugaan loyonya grip ban belakang Suzuki terjadi akibat penambahan tenaga mesin GSX-RR yang bikin top speed mereka lebih baik. Tapi Mir tak yakin. "Saya rasa bukan itu alasannya. Kami menjalani balapan ini jauh lebih cepat dari tahun lalu, ini berarti motor kami mengalami kemajuan, tapi rival lain tampaknya juga makin maju," tuturnya.

"Ini sulit dipahami karena kami selalu punya keuntungan dari ketahanan usia ban dan tampil kuat pada akhir balapan, tapi kali ini grip ideal malah tak pernah datang. Motor kami tahun ini lebih baik di berbagai area, namun satu hal yang masih harus dikerjakan adalah grip ban belakang," lanjut Mir.

2 dari 2 halaman

Alex Rins Alami Hal Serupa

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. (c) Suzuki Racing

Hal serupa ternyata juga dialami oleh tandem Mir, Alex Rins. Start ke-10, Rins naik ke posisi kesembilan pada lap pembuka, dan kemudian naik ke posisi ketujuh usai menyalip Fabio Quartararo pada Lap 3 dan Jorge Martin pada Lap 7. Ia pun bertahan di posisi itu sampai finis.

"Hari ini agak aneh, karena saya agak kesulitan pada awal balapan, ketika harus menyalip rider lain. Namun, saat sendirian di trek dan ingin mengejar Joan, saya tak nyaman di tikungan meski saya sudah ngotot. Jadi, daripada saya berakhir di gravel, lebih baik membawa pulang motor kami," ungkap Rins.

Mir, Rins, dan pembalap lainnya akan kembali berlaga dalam MotoGP Indonesia dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 18-20 Maret mendatang.

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR