FOLLOW US:


Joan Mir: Marc Marquez Pasti Bisa Bangkit dari 2 Cedera Beratnya

24-11-2021 15:00

 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir: Marc Marquez Pasti Bisa Bangkit dari 2 Cedera Beratnya
Marc Marquez dan Joan Mir © AP Photo

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar sekaligus juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, sangat yakin Marc Marquez bisa pulih dari cedera mata kanannya, meski ini cedera yang rumit. Dalam wawancaranya dengan Motosan pada Minggu (21/11/2021), Mir mengaku yakin atlet seperti Marquez merupakan tipe atlet yang tak pernah menyerah.

Seperti yang diketahui, Marquez sempat absen semusim pada 2020 akibat cedera patah tulang lengan kanan. Musim ini, ia kembali balapan sejak Seri Portugal, namun kondisi fisiknya belum ideal dan masih intensif menjalani masa pemulihan. Belakangan, ia mulai kembali bertarung di papan atas. Namun, nasib sial kembali mendera.

Pada akhir Oktober, Marquez kecelakaan saat latihan off-road. Insiden ini membuatnya gegar otak ringan dan harus absen lagi dari Seri Algarve. Usai sepekan tak merasa baikan, ia mengalami penglihatan ganda atau diplopia, karena saraf keempat pada mata kanannya lumpuh, persis seperti cedera yang ia alami pada 2011.

1 dari 2

Pasti Sulit bagi Marc Marquez

Pasti Sulit bagi Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © AP Photo

Akibat cedera mata inilah Marquez absen dari Seri Valencia dan uji coba pascamusim di Jerez. Saat ini, Marquez masih belum boleh menjalani latihan motor, dan Mir pun iba padanya. Meski begitu, rider yang juga merupakan juara dunia Moto3 2017 ini sangat berharap sang delapan kali juara dunia bisa pulih dan kembali ke trek.

"Cedera yang datang pada masa di mana Anda punya mental yang sangat kuat pun sudah bikin susah. Cedera Marc bukan lagi soal lengan, melainkan soal penglihatan, dan ini lebih rumit. Cedera ini bahkan datang saat ia tampak belum pulih dari cedera lengannya. Pasti sangat sulit bagi Marc dalam menghadapi ini," ujarnya.

"Tapi Marc adalah satu dari sedikit orang yang pasti bisa bangkit dari dua tamparan keras seperti ini, karena ia sudah pernah melewati masa-masa yang sangat buruk. Sebagai rider, saya tak menyukai situasi ini dan saya harap ia cepat pulih. Kami semua ingin menang, tapi kami ingin melakukannya ketika semua orang ada di trek," lanjut Mir.

2 dari 2

Prediksi Marc Marquez Bisa Kembali Dominan

Prediksi Marc Marquez Bisa Kembali Dominan
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki Racing

Pada paruh kedua musim ini, Marquez sukses empat kali naik podium, di mana tiga di antaranya merupakan kemenangan di Sachsenring, Austin, dan Emilia Romagna. Dalam balapan di Aragon, ia juga hampir menang, sebelum dikalahkan oleh Pecco Bagnaia usai tujuh kali saling salip.

Melihat ini, apakah Mir merasa Marquez bisa menang lagi dengan daya dominan seperti dulu jika pulih dari cederanya? Pembalap berusia 24 tahun ini pun meyakini bahwa kans Marquez untuk kembali dominan akan selalu ada, apalagi ia sangat bertalenta dan masih berusia 28 tahun.

"Saya tak tahu apakah ia bisa menang lagi seperti dulu. Tapi saya rasa begitu. Saya mencoba untuk tak berpikir begitu, tapi saya rasa ia bisa menang lagi. Ia punya potensi besar, punya begitu banyak gelar dunia, dan ia masih muda. Ia masih punya banyak waktu di hadapannya jika ia pulih dari cedera ini," pungkasnya.

Sumber: Motosan