FOLLOW US:


Johann Zarco Jadi Bela Avintia-Ducati di MotoGP 2020?

22-11-2019 12:45
Johann Zarco Jadi Bela Avintia-Ducati di MotoGP 2020?
Johann Zarco © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Johann Zarco dikabarkan bakal segera diumumkan menjadi salah satu pebalap Ducati lewat Reale Avintia Racing, demikian yang dilansir oleh PaddockGP. Kabar ini menyeruak lewat promotor Grand Prix Prancis, Claude Michy, yang melakukan wawancara dengan Canal+.

Meski bukan manajer pribadi Zarco, Michy memang diketahui mondar-mandir di paddock MotoGP Valencia, akhir pekan lalu, melakukan pembicaraan dengan Dorna Sports dan sejumlah tim untuk mengamankan masa depan Zarco, baik di MotoGP maupun Moto2.

Zarco tadinya merupakan salah satu kandidat pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda, namun tim itu akhirnya justru memilih Alex Marquez. Marquez pun meninggalkan kursi kosong di EG 0,0 Marc VDS Moto2, dan tim asal Belgia itu menyatakan ketertarikan pada Zarco.

Zarco juga dapat tawaran dari para bos Avintia, namun secara publik menolaknya, menyebut tim itu bukan tim papan atas di MotoGP. Penolakan ini pun langsung ditindaklanjuti para petinggi Ducati Corse, Gigi Dall'Igna (General Manager) dan Paolo Ciabatti (Sporting Director).

1 dari 2

Dijanjikan Dapat Paket Teknis Lebih Baik

Pada Senin (18/11/2019), Zarco pun diundang oleh Dall'Igna dan Ciabatti untuk datang ke kantor Ducati di paddock Valencia. Keduanya sama-sama mengakui menyodorkan kontrak kepada Zarco, dengan janji memberinya paket teknis yang lebih baik.

Uniknya, tawaran Ducati ini disodorkan berbarengan dengan pengumuman Avintia pada hari yang sama, bahwa mulai 2020, mereka akan jadi tim satelit 'resmi' Ducati, yang berarti akan dapat motor Desmosedici GP19 berikut teknisi dan insinyur langsung dari pabrikan Italia tersebut.

Kepada Canal+ pada Kamis (21/11/2019), Michy menyebut Zarco telah mencapai kesepakatan baik dengan Ducati, meski tak menyebutkan nama Avintia. Menurut Michy, rider 29 tahun itu akan mendapatkan GP19 dan pengumuman akan diumukan pada 2-3 hari mendatang.

2 dari 2

Kemungkinan Gantikan Karel Abraham

Kemungkinan besar, Zarco memang akan membela Avintia, mengingat Ducati Team masih terikat kontrak dengan Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, begitu pula Pramac Racing dengan Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Jika benar-benar membela Avintia, maka Zarco yang merupakan juara dunia Moto2 2015-2016 diprediksi akan menggantikan Karel Abraham, yang sejatinya masih punya kontrak dengan tim itu sampai akhir 2020.

Dengan begitu, Zarco berpeluang akan bertandem dengan rival sengitnya di Moto2, Tito Rabat, yang merupakan juara dunia 2014. Rabat sendiri merupakan satu-satunya rider MotoGP yang telah mengantongi kontrak sampai 2021.