FOLLOW US:


Jorge Lorenzo: Andai Marc Marquez Sehat, Fabio Quartararo Sulit Juarai MotoGP

16-09-2021 12:40

 | Anindhya Danartikanya

Jorge Lorenzo: Andai Marc Marquez Sehat, Fabio Quartararo Sulit Juarai MotoGP
Marc Marquez dan Fabio Quartararo © Yamaha MotoGP

Bola.net - Lima kali juara dunia, Jorge Lorenzo, baru-baru ini muncul di MotoGP Aragon, Spanyol, pada 10-12 September lalu. Dalam kesempatan itu, ia bertemu dengan para pembalap, salah satunya Fabio Quartararo. Lorenzo takjub atas kiprah El Diablo musim ini, namun yakin ia bakal kesulitan berebut gelar andai Marc Marquez sehat.

Marquez memang belum pulih dari cedera lengan kanan, dan masih sulit konsisten tampil di papan atas. Sejauh ini, ia baru mengoleksi dua podium, yakni usai menang di Sachsenring dan finis kedua di Aragon. Sebagai catatan, kedua trek ini berlawanan dengan arah jarum jam, yakni trek yang cocok untuk gaya balap Marquez.

Di sisi lain, Quartararo tampil sangat baik dan konsisten di segala jenis trek. Hasil terburuknya adalah finis ke-13 di Jerez, dan itu pun akibat cedera arm pump. Membela Monster Energy Yamaha, ia sudah mengoleksi 5 pole, 8 podium, dan 5 kemenangan, serta tengah memimpin klasemen dengan keunggulan 53 poin atas Pecco Bagnaia.

1 dari 2

Bakal Sulit Rebut Gelar, Meski Quartararo Makin Dewasa

Bakal Sulit Rebut Gelar, Meski Quartararo Makin Dewasa
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo © AP Photo

Lewat Diario AS, Sabtu (11/9/2021), Lorenzo pun menyebut belum pulihnya Marquez jelas membuka jalan lebih lebar kepada Quartararo menuju mahkota juara. "Fakta bahwa Marc cedera lengan jelas membantu Fabio melampaui level para rivalnya, karena tak ada rider kuat yang bertarung dengannya," tuturnya.

"Marc akan berusaha, dan saya tak ragu ia akan kembali ke depan dan memperebutkan gelar. Tapi tanpa cedera Marc, bakal sulit bagi Fabio untuk meraih gelar, meski kini ia lebih dewasa dan melakukan lebih sedikit kesalahan," lanjut pria yang pernah membela tim pabrikan Yamaha, Ducati Team, dan Repsol Honda ini.

Dalam wawancara yang sama, Lorenzo juga mengaku takjub melihat kemiripan antara Quartararo dan dirinya pada 2010 lalu. Kala itu, Lorenzo mendapatkan kans nyata perdananya dalam merebut gelar usai Valentino Rossi cedera kaki akibat kecelakaan hebat di Mugello, dan punya konsistensi yang mirip pula sepanjang musim.

2 dari 2

Doakan Quartararo Rebut Gelar Sebanyak Mungkin

Doakan Quartararo Rebut Gelar Sebanyak Mungkin
Jorge Lorenzo © Twitter/MotoGP

Kala itu, Lorenzo juga tengah menjalani tahun ketiganya di MotoGP, sama seperti Quartararo. "Saya sangat takjub melihat persamaan antara situasi Fabio saat ini dengan situasi saya pada 2010. Rival terberatnya, Marc, sedang cedera, persis kasus saya dengan Vale," ungkap pria berjuluk Por Fuera ini.

"Fabio juga berusia 22 tahun, seperti saya kala itu. Ini adalah kans perdananya merebut gelar, dan ia punya keunggulan besar dibanding rival terdekatnya (Bagnaia), seperti saya dan Dani (Pedrosa). Gaya balapnya sangat mirip dengan saya, dan ia membela Yamaha. Semuanya sangat mirip," lanjut Lorenzo.

Lalu apakah Lorenzo juga berharap Quartararo menjuarai MotoGP tiga kali seperti dirinya? "Semoga Fabio meraih gelar sebanyak mungkin, karena saya sangat menyukainya dan ia anak yang baik. Ia layak mendapatkannya, karena ia bekerja sangat keras dan punya kemampuan teknis yang sangat baik," tutupnya.

Sumber: Diario AS