FOLLOW US:


Karel Abraham Pensiun dari MotoGP, Peluang Johann Zarco Terbuka

25-11-2019 09:55
Karel Abraham Pensiun dari MotoGP, Peluang Johann Zarco Terbuka
Pebalap Reale Avintia Racing, Karel Abraham © Avintia Racing

Bola.net - Karel Abraham mengumumkan pensiun dari MotoGP usai mendapat surel pemecatan dari Reale Avintia Racing, Jumat (22/11/2019). Pengumuman ini dirilis via Facebook Automotodrom Brno, Ceko, Sabtu (23/11/2019) dan ditegaskan Abraham sendiri via Instagram, Minggu (24/11/2019).

Abraham sejatinya masih memiliki kontrak dengan Avintia sampai akhir 2020, namun posisinya terancam karena Ducati bertekad menurunkan Johann Zarco di tim asal Spanyol itu. Di sela uji coba pascamusim di Valencia, 20 November lalu, ia juga mengaku yakin akan dipertahankan.

"Karel Abraham mengumumkan akhir kariernya di MotoGP pada pertemuannya dengan penggemar. Ini adalah hari yang muram bagi penggemar domestik. Kami menghargai penggemar setia yang membantu seorang pebalap membawa bendera Ceko begitu lama. Terima kasih!" tulis pengelola Automotodrom Brno.

1 dari 2

Pesan Emosional Lewat Instagram

Abraham, yang merupakan anak dari pemilik Sirkuit Brno, menuliskan pengumuman resmi lebih panjang dan mendetail, serta lebih emosional lewat Instagram. Ia mengaku sedih dan kecewa atas keputusan Avintia tersebut, namun berterima kasih kepada penggemar, keluarga, dan bahkan anggota timnya.

"Saya ingin membuat pengumuman besar. Kalian mungkin sudah tahu, tapi saya takkan lagi berkompetisi di @motogp pada 2020. Saya sangat sedih dan kecewa, tapi saya harus beranjak dan fokus pada masa depan," tulis rider berusia 29 tahun tersebut.

"Saya ingin berterima kasih kepada para pendukung, tim, penggemar, sponsor, dan terutama keluarga saya yang telah mendukung saya melewati masa baik dan sulit. Sungguh 15 tahun yang indah di kejuaraan ini, kami mengecap masa-masa menyenangkan dan punya kenangan manis yang akan selalu ada di hati saya. Terima kasih," tuturnya.

2 dari 2

Peluang untuk Johann Zarco

Pensiunnya Abraham bagai gayung bersambut bagi Johann Zarco. Rider Prancis ini memang santer dikabarkan akan bergabung dengan Ducati di bawah payung Avintia, meski belum ada pengumuman resmi apa pun.

Nasib Zarco memang terkatung-katung usai hengkang dari KTM lebih awal di Aragon, Spanyol, pada September lalu, dan batal membela Repsol Honda yang ditinggalkan Jorge Lorenzo pensiun serta justru memilih Alex Marquez untuk jadi pengganti.

Meski begitu, belum ada pengumuman soal kesepakatan antara Zarco, Ducati, dan Avintia. Dengan ini, maka Avintia akan menurunkan rider MotoE mereka yang juga eks rider Moto3 dan Moto2, Eric Granado, dalam uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, 25-26 November.