FOLLOW US:


Bos LCR Honda Puji Debut Alex Marquez di MotoGP

23-11-2019 11:40

 | Anindhya Danartikanya

Bos LCR Honda Puji Debut Alex Marquez di MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez © HRC

Bola.net - Manajer Tim sekaligus pemilik LCR Honda, Lucio Cecchinello, melontarkan pujian pada Alex Marquez soal debutnya di atas motor RC213V dalam uji coba pascamusim MotoGP Valencia, Spanyol, 19-20 November. Hal ini dinyatakan Cecchinello kepada Speedweek.

Alex, yang membela Repsol Honda musim depan, tak langsung bekerja dengan tim tersebut dalam uji coba kali ini. Dua kali juara dunia itu justru lebih dulu bekerja dengan kru Takaaki Nakagami di LCR, serta mengendarai RC213V versi 2019 milik Cal Crutchlow.

Dalam daftar kombinasi catatan waktu, Alex pun menduduki posisi 22 dengan 1 menit 32,235 detik, tertinggal 2,386 detik dari Maverick Vinales (Yamaha di puncak). Ia mengungguli debutan Red Bull KTM Factory Racing dan rival sengitnya di Moto2, Brad Binder.

1 dari 2

Jangan Dibandingkan dengan Marc Marquez

Jangan Dibandingkan dengan Marc Marquez
Lucio Cecchinello © LCR Honda

"Ada ekspektasi tinggi untuk Alex. Saya rasa ia butuh waktu, tapi saat ia mencapai titik puncaknya, ia bakal konsisten. Ia profesional, paham hal-hal teknis dan dewasa. Ia mungkin butuh waktu, ia pasti bisa melakukannya," ujar Cecchinello.

Di lain sisi, eks pebalap GP125 ini meyakini Alex tak bisa dibanding-bandingkan dengan sang kakak, Marc Marquez. Selain punya gaya balap berbeda, Alex punya tinggi badan 179 cm, 10 cm lebih tinggi dari Marc.

"Jelas gaya balap dan fisik Alex dan Marc sangat berbeda. Alex sangat tinggi, jadi ia punya kebutuhan berbeda. Tapi dari yang kami lihat, ia melintasi tikungan seperti kakaknya. Kami membandingkan data lap tercepat Alex dengan kakaknya," ujar Cecchinello.

2 dari 2

Tunjukkan Sinyal Positif

Pria asal Italia yang tinggal di Monako ini juga menyatakan bahwa, meski masih tertinggal jauh dari para rider terdepan, Alex tampil lebih baik dari dugaan dalam uji coba kali ini.

"Meski ia masih tertinggal dua detik dari Marc, kami kaget Alex langsung bagus di beberapa tikungan, tapi di lainnya ia masih tertinggal. Meski begitu ini semua adalah sinyal positif," tutup Cecchinello.

Alex akan bergabung dengan kru yang ditinggalkan Jorge Lorenzo di Repsol Honda dalam uji coba pascamusim kedua di Sirkuit Jerez, 25-26 November. Nakagami, yang masih memulihkan cedera bahu, baru akan kembali di uji coba pramusim Sepang, Malaysia, 7-9 Februari 2020.