FOLLOW US:


KTM Kaget Oliveira Langsung Samai Level Zarco

25-03-2019 11:15
KTM Kaget Oliveira Langsung Samai Level Zarco
Miguel Oliveira © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer mengaku kaget melihat performa debutan Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira dalam MotoGP Qatar dua pekan lalu. Rider Portugal ini bahkan mampu merepotkan dua rider pabrikan Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro dan Johann Zarco di sepanjang balapan.

Start dari posisi 17, Oliveira sempat mengasapi keduanya selama lima lap pada paruh pertama balapan. Meski begitu, kesalahan pada strategi menghemat ban membuat Espargaro kembali menyalipnya, dan menyerah pada Zarco pada Lap 18. Runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini pun harus rela finis di posisi semula.

"Performa Miguel memang sangat baik, tapi ini juga menunjukkan adanya kesalahan pada paket motor Johann. Jika seorang debutan datang dari Moto2 dan langsung mampu menyamai atau melebihi levelnya, maka ada yang salah. Meski begitu, Miguel benar-benar melakukan apa yang kami harapkan. Ia menjalani tugasnya dengan sangat baik," ungkap Beirer kepada Speedweek.

1 dari 2

Kagum Sikap Tenangnya

Kagum Sikap Tenangnya
Miguel Oliveira dan Pol Espargaro © KTM/Gold and Goose

Beirer juga mengaku sangat kagum pada ketenangan Oliveira dalam menjalani uji coba pramusim, dan sama sekali tak panik ketika ia tertinggal jauh dari para rivalnya. Dengan motor RC16 spek pabrikan yang sama persis dengan Espargaro dan Zarco, ia mampu terus memperbaiki diri.

"Selama uji coba pramusim, ia sangat tenang. Dalam uji coba pertamanya di Valencia, ia tertinggal 3 detik. Tapi ia tak gusar, setidaknya tidak kesal, dan setiap hari ia makin dekat dengan rider-rider terdepan. Pada sesi latihan ketiga di Qatar, ia hanya tertinggal 0,880 detik dari Marc Marquez di posisi pertama. Ini bagus," ujar Beirer.

2 dari 2

Senang Kerja Sama Bareng Oliveira

Pria asal Jerman ini pun mengacungkan jempol pada usaha dan performa Oliveira di Qatar, meski gagal membawa pulang poin. Ia pun siap menanti gebrakan-gebrakan Oliveira yang lain di MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 29-31 Maret mendatang.

"Performanya baik, hanya saja tak dapat poin. Ini adalah bukti bahwa, meski ia tadinya tertinggal sangat jauh, kini malah hanya tertinggal tak kurang dari sedetik. Inilah alasan mengapa kami sangat senang dengan Miguel. Kami harap ia selalu bersama kami dalam perjalanan panjang ini," pungkas Beirer.