FOLLOW US:


Makin Kagum, Ducati Sebut Pecco Bagnaia Mirip Jorge Lorenzo

16-09-2020 16:03
Makin Kagum, Ducati Sebut Pecco Bagnaia Mirip Jorge Lorenzo
Francesco Bagnaia dan Jorge Lorenzo © Pramac/Ducati

Bola.net - Manajer Ducati Team, Davide Tardozzi, sukses dibuat terkagum-kagum oleh Francesco Bagnaia, rider Pramac Racing yang berhasil finis kedua di MotoGP San Marino yang digelar di Misano, Minggu (13/9/2020). Lewat Sky Sport, Tardozzi mengaku makin melihat kemiripan 'Pecco' dengan Jorge Lorenzo.

Sejak masih di Moto2, gaya balap Bagnaia memang selalu dibanding-bandingkan dengan Lorenzo. Banyak pihak yang menganggap gaya balap mereka sama-sama halus, dan keduanya juga kompak punya keunggulan di corner speed. Alhasil, Ducati yang dikenal tak terlalu lincah di tikungan, malah justru lincah di tangan mereka.

Hal ini pun terbukti lewat level performa Lorenzo yang garang di atas Desmosedici pada 2018, sebelum ia mengalami berbagai cedera tangan dan kaki. Bagnaia juga membuktikannya di MotoGP Andalusia, serta di Misano, di mana ia bisa tampil di papan atas meski dalam keadaan cedera kaki, sementara rider Ducati lain justru terpuruk.

1 dari 3

Doakan Punya Karier Seperti Jorge Lorenzo

Doakan Punya Karier Seperti Jorge Lorenzo
Manajer Ducati Team, Davide Tardozzi © Ducati

"Pecco punya banyak kemiripan dengan Jorge dan saya mendoakannya punya karier seperti Jorge. Ia punya banyak waktu menuju arah itu. Apa yang ia lakukan pada Minggu sangatlah penting. Usai mengalami cedera serius, kembali, dan menyajikan performa macam itu membuktikan ia tak hanya cepat, tapi juga cerdas dan berambisi," ujar Tardozzi seperti yang dikutip Corsedimoto, Rabu (16/9/2020).

Eks pembalap WorldSBK ini tak memungkiri bahwa keduanya punya perbedaan karakter, karena Lorenzo lebih 'on fire', sementara Bagnaia lebih tenang. Namun, gaya balap mereka yang mirip tak bisa terelakkan. Yang unik lagi, Bagnaia banyak belajar dari data Lorenzo saat ia menjalani debut MotoGP tahun lalu.

"Tentu Pecco punya beberapa perbedaan dengan Jorge, tapi mereka sama-sama punya gaya balap yang sangat baik, membuat motor sedikit selip di tikungan. Pecco juga belajar mengerem seperti Jorge. Ia masih bisa berkembang dan beradaptasi pada banyak situasi. Saya sangat berharap ia bisa lebih maju lagi," lanjut Tardozzi.

2 dari 3

Selangkah Lebih Dekat dengan Tim Pabrikan

Selangkah Lebih Dekat dengan Tim Pabrikan
Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti © Ducati

Podium Bagnaia di Misano juga dikonfirmasi oleh Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, sebagai satu langkah lebih dekat dengan Ducati Team tahun depan. Namun, fakta bahwa Bagnaia masih tertinggal 2 poin dari Johann Zarco, yakni kandidat lain untuk tim pabrikan, membuat Ducati masih harus evaluasi.

Selain itu, Zarco juga sudah mengantongi satu podium, dan sama seperti Bagnaia, juga masih cedera. Ciabatti pun menegaskan bahwa pihaknya baru akan ambil keputusan dan mengumumkannya dalam pekan MotoGP Catalunya, Spanyol, pada 25-27 September nanti.

"Pecco telah menyajikan performa luar biasa, balapannya sangat menyakinkan, meski ia belum fit 100%. Kami akan mengumumkan siapa yang akan jadi rider tim pabrikan tepat sebelum atau tepat sesudah balapan di Barcelona pada 27 September nanti," pungkas Ciabatti

Sumber: Corsedimoto/Sky Sport

3 dari 3

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino