FOLLOW US:


Makin Kompetitif, Suzuki Belum Juga Pastikan Tim Satelit di MotoGP

11-09-2019 14:50

 | Anindhya Danartikanya

Makin Kompetitif, Suzuki Belum Juga Pastikan Tim Satelit di MotoGP
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins © Suzuki

Bola.net - Tak pelak lagi Suzuki semakin berkembang dan kompetitif di MotoGP. Dua kemenangan Alex Rins menjadi buktinya. Meski begitu, pabrikan asal Hamamatsu, Jepang, ini belum juga bisa memastikan kapan akan menurunkan tim satelit, demikian yang dilansir oleh Motorsport Total belakangan ini.

Usai vakum pada 2011, Suzuki kembali ke MotoGP pada 2015 lalu, dan musim ini untuk pertama kalinya mereka konsisten bertarung di papan atas bersama Rins. Pebalap Spanyol tersebut telah mengoleksi tiga podium dan dua kemenangan yang ia raih di Austin, Texas, dan Silverstone, Inggris.

Sang debutan, Joan Mir, memang tertinggal jauh dari debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Meski begitu, Direktur Tim Suzuki Ecstar, Shinici Sahara tak mempermasalahkan hal ini dan justru tetap melihat adanya progres positif dari juara dunia Moto3 2017 tersebut.

1 dari 2

Progres Joan Mir Bikin Suzuki Pede

Progres Joan Mir Bikin Suzuki Pede
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki

"Kami puas atas jalannya musim sejauh ini, kecuali beberapa kecelakaan. Tapi begitulah dunia balap, kadang pebalap bisa terlalu agresif dan kecelakaan bisa terjadi. Tapi secara umum kami sangat senang atas pengembangan motor dan pebalap kami. Progres Joan membuat kami percaya ia bisa berkembang dari seri ke seri," ujar Sahara.

Mir juga sempat mengalami kecelakaan hebat dalam uji coba Brno, Ceko, pada awal Agustus, di mana ia terjatuh dengan kecepatan 300 km/jam di tikungan pertama. Mengalami memar paru-paru yang cukup parah, ia pun sempat absen di Austria dan Inggris, namun akan kembali turun lintasan di Misano, San Marino, akhir pekan nanti.

2 dari 2

Bakal Lebih Matang untuk 2021

Uniknya, meski Suzuki memiliki grafik performa yang terus naik, Sahara mengaku pihaknya belum juga bisa menentukan kapan mereka bisa menurunkan tim satelit, yang bisa mendorong pengembangan GSX-RR lebih cepat. Padahal program ini sudah jadi wacana sejak 2017 lalu.

"Tentu kami memikirkan kemungkinan punya tim satelit, dan bagaimana kami bisa mengaturnya. Sejauh ini, kami belum mendapatkan keputusan final, dan jelas kami takkan punya tim satelit musim depan. Tapi setelahnya, yakni pada 2021, tim satelit masih bisa jadi opsi yang kami pertimbangkan," tutup Sahara.

Selain Suzuki, Aprilia Racing juga merupakan pabrikan peserta MotoGP yang hingga kini belum punya tim satelit. Ducati masih menjadi pabrikan dengan tim satelit terbanyak, yakni Pramac Racing dan Reale Avintia Racing.

Sumber: Motorsport Total