FOLLOW US:


Miguel Oliveira Bersedia Gantikan Johann Zarco di Tim Pabrikan KTM

23-08-2019 13:50

 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira Bersedia Gantikan Johann Zarco di Tim Pabrikan KTM
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Debutan Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira mengaku bersedia menggantikan posisi Johann Zarco di Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP 2020 jika memang benar-benar mendapatkan tawaran. Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Kamis (22/8/2019).

Oliveira, yang saat ini justru unggul dua poin atas Zarco di klasemen pebalap, mengaku kaget saat rider Prancis itu memutuskan hengkang dari KTM akhir musim ini. Menyusul peristiwa ini, Oliveira pun segera digadang-gadang akan menjadi penggantinya, meski KTM telah berjanji pada Tech 3 untuk tak menyomotnya.

"Saya tahu tugas saya adalah membela Tech 3 pada 2020. Sebuah kejutan bagi semua orang saat tahu Johann takkan membela timnya musim depan. Saya tahu ini bisa jadi peluang bagi saya, tapi ini bukan keputusan saya. Saya juga belum bicara dengan siapa pun. Soal kursi di tim pabrikan, Anda tak bisa asal gaet rider," ujarnya.

1 dari 2

Hanya Oliveira yang Layak

Hanya Oliveira yang Layak
Miguel Oliveira © KTM/Gold and Goose

Oliveira yakin KTM akan mempertimbangkan banyak aspek dalam memilih pengganti Zarco. Soal ini, rider Portugal itu tak memungkiri hanya dirinya yang memang layak mendapat kursi tersebut. Ini karena Hafizh Syahrin akan kembali ke Moto2, sementara Brad Binder akan berstatus debutan musim depan.

"Pabrikan harus memperhitungkan banyak aspek, terutama feedback dari pebalap. Jelas bahwa saat ini, selain saya, tak ada rider lain yang jelas-jelas bisa membela tim pabrikan, tapi ini bukan keputusan saya. Toh saya sudah sangat bahagia di Tech 3. Kami bekerja dengan baik, saya menyukai tim ini. Jadi kita lihat saja nanti," ungkapnya.

2 dari 2

Kontrak Terikat KTM

Oliveira pun tanpa basa-basi mengaku akan dengan senang hati membela tim pabrikan jika KTM benar-benar memberinya tawaran. Meski begitu, ia juga takkan kecewa bila KTM mengambil keputusan berbeda. Ia mengaku sudah berkomitmen dengan Tech 3 sejak kontraknya diperpanjang dalam pekan balap Jerez, Spanyol lalu.

"Kontrak saya terikat dengan KTM, jadi apa pun keputusan mereka, saya tak bisa melawan. Saya tak melihat alasan untuk menolak. Jadi jika saya dapat tawaran, saya akan menerima. Tapi jika tidak, saya takkan kecewa sama. Seperti yang sudah saya bilang, sejak Mei, saya tahu apa yang akan saya lakukan tahun depan," tutupnya.

KTM diketahui sempat mendekati Jack Miller, namun rider Australia itu memilih bertahan di Pramac Racing dan Ducati. Oliveira sendiri diketahui merupakan anak emas KTM sejak lama, sukses meraih runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018.

Sumber: Crash.net