FOLLOW US:


MotoGP Mandalika Diharapkan Ikuti Sukses Malaysia-Thailand

14-03-2019 12:05
MotoGP Mandalika Diharapkan Ikuti Sukses Malaysia-Thailand
Area proyek pembangunan Sirkuit Mandalika. © MotoGP.com

Bola.net - CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP dan WorldSBK, Carmelo Ezpeleta, mengharapkan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok, Indonesia pada 2021 mendatang mengikuti kesuksesan Malaysia dan Thailand. Hal ini ia sampaikan kepada MotoGP.com usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Senin (11/3).

Kesepakatan menggelar MotoGP dan WorldSBK di Mandalika telah dicapai oleh Dorna dan Indonesia Tourism Develoment Corporation (ITDC) di Madrid, Spanyol pada akhir Januari lalu. Pembangunan lintasan bergaya street circuit ini pun akan dimulai pada September mendatang dan diharapkan tuntas tahun depan.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Ezpeleta pun mempresentasikan betapa pentingnya Indonesia untuk keberlangsungan kejuaraan dunia balap motor, begitu pula untuk industri penjualan roda dua di dunia.

"Sangat penting mengunjungi Indonesia untuk mempresentasikan proyek MotoGP kepada presiden dan menteri olahraga. Kami melakukan pertemuan dengan mereka, dan mereka berkomitmen mengusahakannya sebaik mungkin. Bagi kami sangat penting MotoGP bisa terima di negara seperti Indonesia, yang merupakan salah satu negara terpenting untuk MotoGP dan industri motor," ujar Ezpeleta.

1 dari 2

Asia, Era Baru bagi MotoGP

Asia, Era Baru bagi MotoGP
Presiden Joko Widodo bertemu Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor. © Twitter/MotoGP

Saat ini, terdapat empat negara Asia yang menggelar MotoGP, yakni Qatar, Thailand, Jepang dan Malaysia. Ezpeleta pun tak memungkiri bahwa sejauh ini Sepang, Malaysia, yang menggelar MotoGP sejak 1999, dan Buriram, Thailand, yang bergabung tahun lalu, meraih kesuksesan besar. Indonesia pun diharapkan bisa mengikuti jejak keduanya.

"Ini adalah langkah penting untuk memulai era baru di MotoGP. Asia merupakan salah satu area paling penting bagi industri motor dunia, dan jelas Indonesia, dengan populasinya yang besar dan ketertarikannya yang tinggi pada dunia balap, sangatlah penting. Usai kesuksesan Malaysia dan Thailand, saya rasa area ini sangat krusial," ungkapnya.

2 dari 2

Sirkuit Aman, Pemandangan Indah

Ezpeleta juga menaruh percaya kepada ITDC untuk merancang sirkuit dengan tingkat keselamatan yang tinggi bagi para pebalap, dan merasa sangat bersemangat karena trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan ini akan dibangun di area resort yang dimanjakan pemandangan alam.

"Bagi kami, selalu penting melakukannya dengan cara yang aman dan juga di tempat yang indah. Proyek ini akan memenuhi keduanya. Di satu sisi, kami akan menggelar balapan di area baru untuk memberi pengaruh pada pariwisata dan ekonomi, dan di sisi lain kami akan punya sirkuit yang aman di tempat yang indah," pungkas pria Spanyol ini.