FOLLOW US:


MotoGP Resmi Batalkan Uji Coba Pramusim Sepang 2021

13-01-2021 08:25

 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Resmi Batalkan Uji Coba Pramusim Sepang 2021
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli © SRT

Bola.net - FIM, IRTA, dan Dorna Sports resmi membatalkan uji coba shakedown dan pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 14-16 dan 19-21 Februari mendatang akibat situasi pandemi Covid-19 yang tak memungkinkan. Hal ini diumumkan via situs resmi kejuaraan pada Selasa (12/1/2021),

Seperti yang diketahui, Malaysia masih menutup akses masuk dari negara lain, kecuali jika orang-orang yang berkepentingan mendapatkan izin tertulis resmi dari pemerintahan setempat dan bersedia menjalani kewajiban karantina selama 14 hari.

Di atas kertas, tentu ini juga berlaku untuk peserta MotoGP. Dorna Sports pun tadinya sangat berharap para peserta MotoGP diperbolehkan menjalani uji coba di Sepang tanpa harus menjalani karantina.

1 dari 3

Belum Tentukan Uji Coba Pengganti

Dorna Sports sempat mengajukan proposal kepada pemerintahan Malaysia untuk menjalankan protokol medis yang sama, atau bahkan lebih ketat, seperti yang mereka gulirkan sepanjang musim 2020.

Protokol kesehatan tersebut termasuk tes PCR sebelum dan setelah kedatangan di Malaysia, begitu juga pengawasan ketat pada 'bubble' paddock MotoGP selama berada di negara tersebut. Namun, kesepakatan gagal diraih.

FIM, IRTA, dan Dorna Sports sendiri belum mengumumkan jadwal pengganti uji coba shakedown dan pramusim di Sepang ini, namun spekulasi yang beredar menyatakan bahwa Sirkuit Jerez, Spanyol, dan Sirkuit Portimao, Portugal, bisa jadi kandidat. Berikut pernyataan mereka.

2 dari 3

Pernyataan Resmi FIM, IRTA, dan Dorna Sports

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal harus mengumumkan pembatalan kedua uji coba shakedown dan uji coba resmi Sepang.

"Pandemi Covid-19 yang masih berkelanjutan, dan karantina yang wajib dilakukan, beserta komplikasi lainnya mengharuskan pembatalan kedua gelaran ini, yang seharusnya diselenggarakan di Sepang International Circuit di Malaysia pada Februari.

"Uji coba Qatar, yang saat ini rencananya digelar di Losail International Circuit pada 10-12 Maret, masih dikonfirmasi akan digelar, dan perkembangan lebih lanjut atau perubahan apa pun akan diumumkan sesegera mungkin."

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria