FOLLOW US:


Nggak Kompak: 4 Rider Pakai Motor Berbeda-beda, Honda Akhirnya Ngaku Ada Masalah

05-05-2021 09:08

 | Anindhya Danartikanya

Nggak Kompak: 4 Rider Pakai Motor Berbeda-beda, Honda Akhirnya Ngaku Ada Masalah
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro © Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, akhirnya mengakui ada masalah dalam pengembangan motor RC213V di MotoGP 2021. Hal ini ia nyatakan kepada MotoGP.com, Selasa (4/5/2021), usai Honda Racing Corporation (HRC) dikritik tajam oleh Pol Espargaro karena para rider dibiarkan memakai motor yang berbeda-beda.

Omelan Espargaro ini juga dirilis lewat situs resmi kejuaraan, usai menjalani uji coba pascabalap di Jerez, Spanyol, Senin (3/5/2021). Polyccio meyakini para pembalap Honda tak bisa melakukan perbandingan performa dan jadi sulit punya komentar senada sementara keempatnya memakai paket motor yang tak sama.

Ia menyatakan, setidaknya ada tiga jenis paket motor RC213V yang dipakai di Jerez: satu untuk dirinya, satu untuk Marc Marquez, dan satu lagi untuk Takaaki Nakagami, yang dalam pekan balap jadi sorotan karena meninggalkan sasis versi 2021 dan beralih ke sasis 2020. Espargaro pun menyebut langkah ini sebagai bukti bahwa Honda tidak kompak.

1 dari 3

Pol Espargaro Sebal Honda Tidak 'Kerja Kelompok'

Pol Espargaro Sebal Honda Tidak 'Kerja Kelompok'
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © Honda Racing Corporation

Kubu Honda pun makin kacau balau lagi dalam uji coba, karena Marquez yang masih cedera, hanya menjalani tujuh lap saat harusnya membandingkan sasis 2020 dan 2021, serta menjajal paket aerodinamika terbaru bersama Nakagami dan Alex Marquez. Espargaro yang menjalani 89 lap, hanya bisa garuk-garuk kepala melihat kekacauan ini.

"Saya ini cuma karyawan Honda, dan saya tentu akan melakukan apa pun yang mereka suruh dan saya akan bekerja dengan paket motor yang mereka sediakan. Namun, motor-motor kami sungguh berbeda dalam balapan, Honda-Honda yang berbeda, dan begitulah yang terjadi," ungkap juara dunia Moto2 2013 ini.

"Kami pakai paket motor berbeda. Marc pakai satu, saya pakai satu, dan tim satelit pakai satu lagi. Saya tentu akan menjajal banyak hal berbeda dan ingin lihat apakah kami bisa memperbaiki situasi, karena saya rasa kami terlalu bekerja secara individual, bukannya sebagai kelompok, dan ini menyakiti Honda. Ini tidak bagus," lanjutnya.

2 dari 3

Honda Janji Segera Sediakan Perangkat Baru

Melihat paket motor yang berbeda-beda ini, Espargaro pun yakin Honda malah jadi bingung dalam menganalisa masalahnya dan mencari solusi. Ia pun mengaku sangat frustrasi dan marah karena arahannya jadi kacau. Di lain sisi, Puig pun mengakui bahwa Honda telah memahami bahwa mereka sedang mengalami beberapa kendala.

"Honda memahami ada beberapa masalah pada motor kami. Namun, kami sudah bisa melihat apa masalahnya. Kami sudah berusaha sebaik mungkin, kami akan segera membawa perangkat-perangkat baru. Kami sangat ingin memberikan yang terbaik untuk para rider kami pada seri-seri selanjutnya," ujarnya eks manajer Dani Pedrosa ini.

Para rider Honda pun akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Prancis yang bakal digelar di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei nanti. Perlu diketahui, Honda belum pernah menang lagi sejak MotoGP Valencia 2019 lewat Marc Marquez, dan belum naik podium lagi sejak MotoGP Aragon 2020 lewat Alex Marquez.

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa