FOLLOW US:


Cedera Bahu Alex Rins Kambuh Lagi Usai Kecelakaan di MotoGP Jerez

04-05-2021 16:58

 | Anindhya Danartikanya

Cedera Bahu Alex Rins Kambuh Lagi Usai Kecelakaan di MotoGP Jerez
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins © Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengaku cedera bahu kanannya kambuh lagi usai mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 5 pada sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Jerez, Spanyol, Sabtu (1/5/2021). Kepada MotosanGP, ia pun mengaku harus menjalani pemeriksaan medis.

Cedera Rins ini sejatinya buntut dari kecelakaan di tempat yang sama setahun lalu. Dalam MotoGP Spanyol 2020, ia mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 11 pada sesi Kualifikasi (Q2) demi menghindari Jack Miller yang juga terjatuh di tempat yang sama.

Akibat kecelakaan itu, tulang bahu kanan Rins mengalami keretakan sekaligus dislokasi. Uniknya, ia memilih tak menjalani operasi dan memulihkannya dengan terapi. Sayangnya, usai kecelakaan pada akhir pekan lalu, rasa sakit kembali timbul, walau tak separah tahun lalu.

1 dari 3

Akhiri Uji Coba Lebih Awal

Akibat hal ini pula, Rins tak secara penuh menjalani uji coba pascabalap di Jerez pada Senin (3/5/2021). Rins memang mencatat waktu tercepat kedua di belakang Maverick Vinales. Namun, usai menjalani 59 lap, ia memilih mundur dari uji coba untuk bertolak ke Barcelona.

"Saya mengakhiri uji coba lebih awal karena saya harus pergi ke Barcelona untuk memeriksakan bahu saya, karena saya mengalami kecelakaan di FP4 dan saya mengalami sedikit cedera. Semuanya baik-baik saja dan saya siap untuk balapan di Le Mans," ungkapnya.

Rins menyatakan, rasa sakitnya paling terasa saat ia melaju di titik-titik pengereman, dan rasanya cukup mirip dengan musim lalu. Ia pun akan menjalani pemeriksaan bersama dr. Xavier Mir di Rumah Sakit Universitas Dexeus.

2 dari 3

Pede Bakal Bugar di Le Mans

"Saya sedikit sakit saat mengerem. Ini sensasi saya rasakan pada 2020, namun tak terlalu parah. Saya akan memeriksakan diri pada dr. Mir, untuk lihat apa yang terjadi pada bahu saya, apakah ada pembengkakan. Saya sudah bicara dengan Suzuki, dan kami rasa ini yang terbaik," tuturnya.

Meski begitu, Rins yakin kondisi fisiknya bakal pulih total dalam MotoGP Prancis yang akan digelar di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang. Ia yakin karakter trek ini bakal cocok dengan GSX-RR, walau cuaca di sana kerap mengecoh.

"Le Mans adalah sirkuit yang baik untuk kami. Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi pada cuacanya, karena biasanya berangin dan kerap hujan. Namun, kami punya performa yang sangat kuat, dan kami akan mengerahkan segalanya," pungkas Rins.

Sumber: MotosanGP

3 dari 3

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021