Para Rider Siap Boikot MotoGP Austin 2022 Jika COTA Tak Diaspal Ulang

Anindhya Danartikanya | 6 Oktober 2021 15:43
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Para pembalap MotoGP mengaku tak segan akan memboikot gelaran MotoGP Austin 2022 jika Circuit of The Americas (COTA) tak melakukan pengaspalan ulang pada treknya. Hal ini disampaikan rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, dan rider Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, kepada The Race, Sabtu (2/10/2021).

COTA sudah menggelar MotoGP sejak 2013, akhir pekan lalu adalah pertama kalinya MotoGP kembali usai gelaran 2020 dibatalkan akibat Covid-19. Beberapa tahun terakhir, para rider sudah mengeluhkan aspal trek yang bergeronjal akibat tanahnya yang terus bergerak. Namun, tahun ini mereka jauh lebih terkejut melihat buruknya kondisi COTA.

Saking buruknya kualitas aspal COTA, 19 dari 21 pembalap lantang menyuarakan kekhawatiran mereka soal tingkat keselamatan trek ini. Hanya Marc Marquez dan Jack Miller yang mengaku tak terlalu cemas. Beberapa rider seperti Espargaro dan Pecco Bagnaia bahkan sempat bertekad memboikot balapan pada Minggu (3/10/2021).

Danilo Petrucci juga menyatakan, dalam rapat rutin Safety Commission pada Jumat sore, para rider menggagas ide pengurangan lap dalam balapan. Namun, ia menyebut ide ini justru ditertawakan oleh Race Direction. Meski begitu, usai sesi kualifikasi, para rider lebih tegas menyatakan keresahan dan menuntut treknya diaspal ulang untuk 2022.

1 dari 2 halaman

Kalau Tidak Diaspal Ulang, MotoGP Ogah Kembali

Circuit of The Americas (c) COTA

"Saya lihat Dorna berada di posisi yang sangat baik. Mereka sangat kritis, paham situasinya dengan sempurna. Setiap rider mengeluhkan aspalnya. Kami bilang kami tak bisa mengulang pekan balap dengan kondisi seperti itu. Tampaknya semua orang memang jadi terbiasa dengan benjolan-benjolan itu, namun ini tidak normal," tutur Mir.

"Jika mereka (pengelola COTA) tak mengaspal ulang minimal Sektor 1, 2, dan sebagian Sektor 3, maka kami takkan kembali ke sini. Saya harap kami bisa menemukan solusi hingga kami bisa kembali ke sini. Pasalnya, COTA adalah trek yang sangat menyenangkan. Saya tak menikmatinya, namun treknya menyenangkan," lanjutnya.

Hal senada juga diucapkan Espargaro. Ia menyebut bahwa para pembalap sejatinya menuntut pengaspalan ulang di seluruh sektor trek COTA, namun pengelola sirkuit tampaknya tak sanggup. Alhasil, COTA meminta keringanan. Para rider sepakat bahwa bagian yang paling krusial adalah area dari Tikungan 2 sampai 10.

2 dari 2 halaman

Tingkat Keselamatan adalah Hal Utama

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Mereka janji pada kami akan mengaspal ulang treknya, minimal dari Tikungan 2 sampai 10. Kami minta lebih, tapi mereka minta batas minimalnya. Semua rider mengakui bahwa dari Tikungan 2 sampai akhir Tikungan 10 adalah bagian terburuk. Ada benjolan besar di tengah Tikungan 2 dan 10, tapi Tikungan 6 juga buruk," tutur Espargaro.

"Mereka janji melakukan tugas ini demi tahun depan, tapi tugas saya mengendarai motor. Jadi, saya bisa bilang trek ini tak aman, karena memang tak aman dipakai balapan. Toh mereka selalu bilang tingkat keselamatan adalah hal utama dan terpenting, meski mengaspal ulang trek sepanjang dua kilometer memang tak mudah," tutupnya.

Para rider MotoGP kini akan menghadapi balapan kedua di Sirkuit Misano, yang akan bertajuk Seri Emilia Romagna pada 22-24 Oktober nanti. MotoGP Austin 2022 gosipnya akan digelar pada 8-10 April, yang berarti COTA punya sedikit waktu untuk pengaspalan ulang. Pasalnya, Formula 1 akan menyambangi trek ini juga pada 22-24 Oktober 2021.

Sumber: The Race

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR