FOLLOW US:


Para Test Rider MotoGP Ungkap Kesan Perdana di KymiRing

20-08-2019 09:30

 | Anindhya Danartikanya

Para Test Rider MotoGP Ungkap Kesan Perdana di KymiRing
Test rider KTM, Mika Kallio © MotoGP

Bola.net - Sebanyak enam test rider MotoGP ditugaskan untuk menjajal lintasan Sirkuit KymiRing, yang akan menggelar Seri Finlandia mulai musim depan. Mika Kallio (KTM Factory Racing) dan Bradley Smith (Aprilia Racing) pun menyampaikan kesan-kesan perdana mereka dalam hari pertama uji coba pada Senin (19/8/2019).

Dalam uji coba yang diguyur hujan tersebut, Kallio, Smith, bersama Jonas Folger (Yamaha Motor Racing), Sylvain Guintoli (Suzuki Racing), Stefan Bradl (Honda Racing Corporation), dan Michele Pirro (Ducati Corse) pun berkendara dengan motor-motor MotoGP mereka.

Kallio menjadi rider pertama yang turun lintasan. Runner up GP125 2005-2006 dan Moto2 2014 ini bangga menjadi rider pertama yang menjajal sirkuit baru di negaranya sendiri. "Bagi semua rider rasanya spesial balapan di rumah sendiri, dan saya rider pertama yang mencoba trek ini dengan motor MotoGP," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2

Lamban, Sempit, dan Berkelok-kelok

Lamban, Sempit, dan Berkelok-kelok
Sirkuit KymiRing, Finlandia © MotoGP

"Beberapa bagian trek cukup lamban, apalagi dalam kondisi seperti ini dan aspalnya yang masih baru. Treknya sangat licin dan kami tak bisa berkendara dengan nyaman. Tapi semoga besok kondisinya kering, hingga kami bisa tahu impresi yang sesungguhnya," ungkap rider 36 tahun ini.

Di lain sisi, Smith menjadi rider pertama yang menembus catatan 2 menit. Rider Inggris ini menyebut KymiRing punya karakter yang sangat berbeda dari trek MotoGP lainnya. Terdiri dari 18 tikungan dan memiliki panjang 4,6 km, Smith menyatakan bahwa sirkuit ini akan lebih cocok untuk Moto3 dan Moto2 ketimbang MotoGP.

"Lintasannya cukup sempit, berkelok-kelok, dan agak lamban di beberapa tempat. Kadang bagus punya trek yang berbeda. Toh ada tiga kelas balap! Jadi bukan hanya MotoGP, dan motor-motor kecil bisa cocok. Ada banyak tikungan mengecoh di sini yang membuat para rider kesulitan. Ini tantangan teknis," ujarnya.

2 dari 2

Sukai Sektor Pertama

Bradl pun jadi rider pertama yang mengalami kecelakaan di trek ini. Ia jatuh di tikungan terakhir, saat mengevaluasi performa sasis karbon dari Honda. Pirro pun mengaku senang uji coba di trek tersebut. "Sektor pertama sangat cepat dan menyenangkan. Sektor keduanya lamban tapi menarik," tuturnya.

Komentar senada pun dilemparkan Guintoli, yang mengendarai Suzuki GSX-RR. "Saya sangat menyukai Tikungan 1 dan 3. Anda akan meluncur turun, kemudian naik ke area pengereman sebelum masuk ke trek lurus," ungkap rider Prancis ini.

Kallio, Smith, Bradl, Pirro, Guintoli, dan Folger akan kembali turun lintasan pada hari kedua, Selasa (20/8/2019). Setelahnya, Smith akan bertolak ke Sirkuit Silverstone untuk turun di Moto2 Inggris bersama Petronas Sprinta Racing, menggantikan Khairul Idham Pawi yang cedera.

Sumber: Crash.net