FOLLOW US:


'Valentino Rossi Harus Bagikan Pengetahuan ke Rider Muda'

19-08-2019 15:30
'Valentino Rossi Harus Bagikan Pengetahuan ke Rider Muda'
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Crew chief Valentino Rossi, Silvano Galbusera, mengaku berharap pebalap Monster Energy Yamaha tersebut mau membagikan segala pengetahuannya mengenai MotoGP kepada para pebalap muda Italia. Hal ini disampaikan Galbusera dalam wawancaranya dengan Radio 1 Rai baru-baru ini.

Kontrak Rossi dengan Yamaha akan habis pada akhir 2020 nanti. Meski belum menyatakan keinginan untuk pensiun dalam waktu dekat, Rossi diharapkan Galbusera tetap terlibat di dunia balap motor jika telah gantung helm suatu saat nanti.

"Pengetahuan teknisnya merupakan hal berharga yang tak boleh disia-siakan. Saya harap ia tetap ada di industri balap motor dan menurunkan pengetahuannya kepada pebalap yang punya potensi mendekati prestasinya," ujar Galbusera seperti yang dikutip Corsedimoto.

1 dari 2

Tempat Teknisi Belajar

Telah 24 tahun berkarier di arena Grand Prix, Rossi tentu memiliki segudang pengalaman. Ia pun kerap dijadikan tempat bagi para teknisi dan insinyur Yamaha untuk belajar. Hal ini pun dikonfirmasi sendiri oleh Galbusera, yang bekerja sama dengan Rossi sejak 2014.

"Vale sering kali melakukan evaluasi lebih dari sekadar data telemetri, karena ia punya komentar-komentar yang tepat dan membuat kami memperluas pandangan. Komentar-komentarnya sangat tepat hingga kami harus mencari verifikasi apa yang dikatakan telemetri," ungkapnya.

2 dari 2

Ingin Bantu Rossi Juara Lagi

Galbusera pun berharap bisa membantu Rossi meraih gelar dunia musim depan, atau setidaknya bertarung sengit dengan rider Repsol Honda, Marc Marquez, dan rider Ducati Team, Andrea Dovizioso sampai finis.

"Kami telah bekerja dengan baik pada paruh kedua musim ini, dan pada musim dingin nanti kami akan coba merakit motor yang bisa membantunya meraih gelar dunia ke-10 musim depan. Kami butuh sesuatu yang lebih pada mesin dan sasis. Jika berhasil, maka kami bisa bertarung dengan Dovi dan Marc sampai akhir," tutupnya.

Menjelang MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang, Rossi tengah berada di peringkat kelima pada klasemen pebalap dengan koleksi 103 poin.

Sumber: Radio 1 Rai/Corsedimoto