Perjuangan Jack Miller demi Podium di Silverstone: Harus Lewati 6 Rider Tangguh

Anindhya Danartikanya | 8 Agustus 2022 14:45
Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller, mengaku senang bisa mengawali paruh kedua musim MotoGP 2022 dengan podium. Hasil ini ia raih usai finis ketiga dalam Seri Silverstone, Inggris, pada Minggu (7/8/2022). Sepanjang balapan, Miller selalu ada di grup terdepan, tetapi ia harus melewati enam rider tangguh demi mendapatkan trofi.

Start ketiga, Miller bertahan di tempatnya pada lap pembuka, dan ia naik ke posisi kedua usai Fabio Quartararo menjalani long lap penalty. Satu lap kemudian, ia bahkan memimpin berkat Johann Zarco yang terjatuh. Sayang, posisinya tak bertahan lama, karena ia tersalip oleh Alex Rins. Pada Lap 7, giliran Pecco Bagnaia yang menyalipnya.

Pada Lap 8, Miller harus menjalani aksi saling salip dengan Jorge Martin, yang kemudian melakukan kesalahan dan melebar. Pada Lap 14, Rins pun melorot sehingga Bagnaia dan Miller masing-masing naik ke posisi 1 dan 2. Miller sempat mengancam Bagnaia, tetapi Maverick Vinales berhasil mengejar dan mengambil alih posisi kedua darinya pada Lap 18.

1 dari 3 halaman

Sempat Main Aman di Tengah Balapan

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) AP Photo

"Saya bertarung dengan semua orang. Awalnya, saya bersama Johann dan Fabio, kemudian Fabio menjalani long lap, dan ia menghilang. Tak lama, Johann jatuh dan Alex muncul, lalu mencoba membuat jarak jauh. Saya pun mencoba mempertahankan ritme tetap tinggi selama beberapa saat agar tak kehilangan penglihatan darinya," ujar Miller kepada GPOne.

Memakai ban depan lunak dan ban belakang keras, Miller mengaku sempat main aman agar bisa bertahan sampai finis. "Saya kemudian memutuskan beraksi konservatif, dan melihat perkembangan jalannya balap lap demi lap. Akhirnya, Pecco datang, dan bersama-sama kami mulai mengejar Alex yang kemudian melamban," lanjutnya.

Meski begitu, pada bagian akhir balapan, pembalap Australia ini memutuskan ngotot demi bisa finis kedua. Sayangnya, Vinales terlalu tangguh. Alhasil, ia harus legawa finis ketiga. Meski gagal menang, Miller merasa puas, karena berhasil meneruskan tren positifnya dari balapan yang baik di Sachsenring, Jerman, dan Assen, Belanda.

2 dari 3 halaman

10 Besar Hanya Dipisahkan 6,646 Detik

MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone. (c) AP Photo

"Pada beberapa lap terakhir, saya harus mengeluarkan semua potensi ban, coba menjaganya dengan cara terbaik, menggunakan ban belakang di tikungan-tikungan yang lebih mengalir sampai lap terakhir. Saya pun sangat senang bisa naik podium lagi. Saya tak bisa memulai paruh kedua musim ini dengan cara yang lebih baik," ungkap Miller.

The Thriller juga kagum melihat rekor baru yang tercipta. Dengan margin finis 6,646 detik antara Bagnaia dan Marco Bezzecchi, balapan ini menyajikan persaingan 10 besar tersengit dalam sejarah GP500/MotoGP. Tak hanya itu, Bagnaia juga menjadi pemenang berbeda kedelapan dalam delapan balapan terakhir di Silverstone.

"Silverstone adalah trek old school, dengan lap yang sangat panjang, terdiri dari banyak elemen. Keunggulannya adalah ia menawarkan kekuatan berbeda untuk motor yang berbeda pula. Tiap motor harus mengerahkan segalanya, dan kita bisa lihat dari banyaknya motor berbeda memperebutkan posisi terdepan," pungkas Miller.

3 dari 3 halaman

Klasemen Sementara MotoGP 2022

Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) AP Photo

Berkat podiumnya ini, Miller naik ke peringkat keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 107 poin. Ia mengaku menargetkan peringkat tiga besar pada akhir musim. Saat ini, ia pun tertinggal 26 poin dari Bagnaia, yang ada di peringkat ketiga. Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai Seri Silverstone, Inggris.

  1. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 180
  2. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia - 158
  3. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati - 131
  4. Enea Bastianini - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 118
  5. Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati - 114
  6. Jack Miller - Ducati Lenovo Team - Ducati - 107
  7. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 98
  8. Alex Rins - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 84
  9. Maverick Viñales - Aprilia Racing - Aprilia - 82
  10. Miguel Oliveira - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 81
  11. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati - 81
  12. Joan Mir - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 77
  13. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 61
  14. Marc Marquez - Repsol Honda Team - Honda - 60
  15. Luca Marini - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 56
  16. Takaaki Nakagami - LCR Honda IDEMITSU - Honda - 45
  17. Pol Espargaro - Repsol Honda Team - Honda - 42
  18. Alex Marquez - LCR Honda CASTROL - Honda - 27
  19. Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 26
  20. Fabio Di Giannantonio - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 18
  21. Darryn Binder - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  22. Andrea Dovizioso - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  23. Remy Gardner - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 9
  24. Raul Fernandez - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 5
  25. Stefan Bradl - Repsol Honda Team - Honda - 0
  26. Michele Pirro - Aruba.it Racing - Ducati - 0
  27. Lorenzo Savadori - Aprilia Racing - Aprilia - 0

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR