FOLLOW US:


Rossi dan Vinales Jajal Yamaha 2020 di Brno dan Misano

11-07-2019 11:55

 | Anindhya Danartikanya

Rossi dan Vinales Jajal Yamaha 2020 di Brno dan Misano
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo 'Maio' Meregalli memastikan kedua ridernya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, akan menjajal motor YZR-M1 versi 2020 di uji coba pascabalap MotoGP Brno, Ceko, dan uji coba tengah musim di Misano, San Marino pada Agustus mendatang.

Usai dikenal sebagai motor dengan performa paling seimbang, Yamaha kehilangan status ini sejak 2017, meski mengoleksi 4 kemenangan. Mereka pun sempat mengalami paceklik menang selama 25 seri, yakni sejak Rossi menguasai Assen 2017, sampai akhirnya Vinales kembali menang di Australia 2018.

Masih didera masalah grip dan elektronik, performa Yamaha naik turun di 9 seri pertama musim ini. Satu-satunya rider yang tak dapat masalah berarti adalah debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang justru mengendarai M1 dengan spek terendah. El Diablo meraih 3 pole dan 2 podium, serta konsisten tampil di depan.

Rossi mengawali musim dengan baik, naik podium di Austin dan Argentina, namun terus menurun hingga gagal finis di Mugello, Catalunya, dan Assen. Vinales mengawali musim dengan buruk, tiga kali gagal finis di Argentina, Prancis, dan Catalunya, sebelum menang di Assen dan podium di Sachsenring. Franco Morbidelli (SRT) malah belum naik podium dan gagal finis di Argentina, Mugello, dan Catalunya.

1 dari 2

Tekad Perkecil Ketertinggalan Top Speed

YZR-M1 2020 pun akan pertama kali dijajal Rossi dan Vinales dalam uji coba Brno pada 5 Agustus, lalu di Misano pada 29-30 Agustus. Kepada MotoGP.com, Meregali mengaku pihaknya tengah mencari solusi untuk mengurangi ketertinggalan tenaga dan top speed dibanding para rival seperti Honda dan Ducati.

"Arah pengembangan yang telah kami ambil sudah tepat dan baik. Demi dapat performa yang halus, kami harus mengurangi tenaga mesin. Itulah harga paling mahal yang harus kami bayar, terutama di trek cepat. Kini kami sangat fokus memperbaiki akselerasi karena kami ingin meminimalisir perbedaan top speed," tuturnya.

Meregalli, yang juga eks Manajer Tim Yamaha WorldSBK, mengaku senang akhirnya para rider yang ia naungi bisa kembali menjajal motor baru di uji coba Brno, yakni tradisi yang sempat mereka tinggalkan pada 2017 dan 2018. Menurutnya ini adalah tanda bahwa markas mereka yang ada di Jepang sudah mulai berbenah.

2 dari 2

Tanda Markas di Jepang Berbenah

"Kami akan coba bekerja keras. Meski tahun lalu kami tak bisa membuktikannya, kami tak pernah berhenti. Kami selalu bekerja. Kini saya bisa lihat, tahun ini sesuatu telah berubah di Jepang. Ini terbukti dari fakta bahwa kami akan menjajal motor baru di Brno dan Misano. Ini tanda baik," ungkap Meregalli.

Meski begitu, pria Italia ini menegaskan bahwa M1 yang dijajal The Doctor dan Top Gun masih berstatus prototipe, jadi mereka akan memakai setup 2019. "Para rider kami akan memulai uji coba dengan pondasi dari motor tahun depan. Ini bagus, karena selama dua tahun terakhir kami tak bisa melakukannya," tutupnya.

Menjalani rehat musim panas kali ini, Vinales merupakan rider Yamaha terbaik, duduk di peringkat 5 pada klasemen pebalap dengan 85 poin, unggul 5 poin dari Rossi di peringkat 6. Quartararo dan Morbidelli duduk di peringkat 8 dan 11, masing-masing dengan 67 dan 52 poin.