FOLLOW US:


Stefan Bradl Ragu Marc Marquez Ikut Uji Coba Pramusim MotoGP 2021

14-01-2021 12:00

 | Anindhya Danartikanya

Stefan Bradl Ragu Marc Marquez Ikut Uji Coba Pramusim MotoGP 2021
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © HRC

Bola.net - Test rider Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl, ragu Marc Marquez sudah cukup fit untuk ikut uji coba pramusim MotoGP pada Februari nanti, di mana pun uji coba itu nanti digelar. Hal ini ia nyatakan via Speedweek, Rabu (13/1/2021), usai uji coba shakedown dan pramusim di Sepang, Malaysia dibatalkan akibat Covid-19.

Seperti diketahui, Marquez mengalami cedera patah tulang lengan atas kanan berkepanjangan yang membuatnya absen sepanjang musim 2020. Sejauh ini ia telah menjalani tiga operasi akibat berbagai komplikasi, yang terakhir pada awal Desember lalu. Ia pun diperkirakan butuh waktu enam bulan untuk pulih dari cederanya itu.

Akibat absennya Marquez, Bradl jadi punya peran ganda, yakni sebagai test rider dan juga pembalap pengganti. Sampai saat ini, Repsol Honda belum memilih pengganti Marquez andai ia harus absen lagi pada beberapa seri pertama musim 2021, namun Bradl tetap jadi kandidat utama, sembari menjalankan tugas sebagai test rider.

1 dari 3

Bepergian di Eropa Saja Sulit

Bepergian di Eropa Saja Sulit
Test rider Honda, Stefan Bradl © HRC

Di lain sisi, Bradl bersyukur uji coba shakedown dan pramusim di Malaysia dibatalkan, karena ia tak perlu menjalani penerbangan panjang, dan tak perlu khawatir soal jumlah kasus yang melonjak di kawasan Asia, serta tak harus karantina selama 14 hari sesuai aturan pemerintah Malaysia untuk pengunjung dari luar negeri.

Bradl ingin uji coba ini diganti di Jerez, Spanyol atau Portimao, Portugal walau perlengkapan semua tim MotoGP sudah dikirim ke Malaysia dan butuh waktu untuk dikembalikan ke Eropa dan Jepang. Sebelum memikirkan itu, Bradl akan uji coba dengan perangkat apa adanya lebih dulu di Jerez, 19-20 Januari, bersamaan dengan WorldSBK.

"Pergi ke Spanyol saja kini sulit, karena saya harus menunjukkan hasil tes PCR negatif yang tak boleh berusia lebih dari 72 jam saat tiba. Kantor dokter saya tutup pada Jumat siang, jadi saya tak bisa tes di sana. Mengingat saya harus meninggalkan Munich pada Senin (18/1/2020), saya harus cari tempat tes lain pada Jumat siang," keluh Bradl.

2 dari 3

Ikuti Apa Kata Akal Sehat

Meski begitu, entah apakah uji coba Sepang benar-benar akan dialihkan ke Jerez atau Portimao, Bradl mengaku sangat ragu Marquez akan ikut turun lintasan. Sejauh pengamatannya saat ini, juara dunia Moto2 2011 tersebut yakin dirinya akan melanjutkan peran ganda lagi, yakni jadi test rider sekaligus pengganti sementara Marquez.

"Saya rasa saya akan ikut uji coba resmi sebagai pengganti Marc di Repsol Honda. Saya sendiri belum menerima informasi resmi apa pun dari HRC soal Marc yang mungkin bakal tetap absen dari uji coba pada Februari. Jadi, ini hanya pemikiran saya pribadi. Akal sehat saya mengatakan itu, dan saya rasa ini memang memungkinkan," tutupnya.

Tim-tim MotoGP sendiri kabarnya akan menjalani rapat virtual dengan FIM dan Dorna Sports pada Kamis (14/1/2021) untuk mengatur ulang uji coba pramusim. Isunya, uji coba Sepang takkan diganti, namun uji coba shakedown akan digelar di Losail, Qatar, pada 5-7 Maret, sebelum uji coba pramusim digelar pada 10-12 Maret.

Sumber: Speedweek

3 dari 3

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020