FOLLOW US:


Valentino Rossi Ungkap Perbedaan Cadalora dan Gavira

05-03-2019 15:30
Valentino Rossi Ungkap Perbedaan Cadalora dan Gavira
Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengaku memiliki metode kerja yang agak berbeda dengan pelatih balap barunya, Idalio Gavira, di MotoGP musim ini. Sejak akhir musim lalu, Gavira memang ditunjuk oleh Rossi untuk menggantikan Luca Cadalora yang memutuskan untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Sosok pelatih balap memang tampaknya semakin krusial dalam kesuksesan seorang rider MotoGP, dan Jorge Lorenzo dikenal sebagai sang pelopor, bekerja sama dengan Wilco Zeelenberg sejak 2010. Rossi pun baru mengadaptasi metode ini sejak awal 2016, mempekerjakan Cadalora yang merupakan tiga kali juara dunia.

Sayangnya, usai tiga tahun mendampingi The Doctor, Cadalora memutuskan untuk berhenti dari jabatannya ini dan tak lagi mengikuti Rossi berkeliling dunia sejak akhir tahun lalu. Ia pun digantikan Gavira, yang selama ini menjadi pelatih balap para anggota akademi balap Rossi sendiri, VR46 Riders Academy.

1 dari 1

Nyaman dengan Gavira

Nyaman dengan Gavira
Dennis Foggia dan Idalio Gavira © GPOne

Gavira yang berasal dari Spanyol dan merupakan eks rider GP250, menjadi pelatih balap VR46 Riders Academy berkat ajakan Pablo Nieto, yang saat ini menjabat sebagai Manajer Tim Sky Racing VR46 di Moto2 dan Moto3. Rossi pun membeberkan perbedaan antara cara kerja Cadalora dan Gavira.

"Saya harus akui saya sangat nyaman bersama Idalio. Tapi juga bisa saya katakan saya mengharap begini, karena semua anak di VR46 Riders Academy sangat menyukainya. Cadalora fokus pada dinamika motor beserta setupnya, karena bisa dikatakan bahwa itulah passion-nya dan itulah area di mana ia bisa memberikan yang terbaik. Meski begitu, dengan Idalio, kami lebih fokus pada gaya balap saya," ujarnya.

Posisi Gavira di VR46 Riders Academy pun telah resmi diambil alih oleh Roberto Locatelli, dan Gavira juga dipastikan akan kembali mendampingi Rossi di MotoGP Qatar pada 8-10 Maret mendatang.