FOLLOW US:


Van der Mark Bisa Kembali Turun di MotoGP Valencia

31-10-2017 12:30
Van der Mark Bisa Kembali Turun di MotoGP Valencia
Jonas Folger dan Michael van der Mark © Tech 3

Bola.net - Dalam MotoGP Malaysia akhir pekan lalu, Monster Yamaha Tech 3 kedatangan tamu tak terduga, yakni ayah Jonas Folger, Jakob Folger. Meski tak datang bersama sang anak, Jakob hendak melaporkan perkembangan proses pemulihan rider berusia 24 tahun tersebut kepada sang pimpinan tim, Herve Poncharal.

Folger yang dilanda kelelahan yang cukup parah sejak MotoGP Inggris, dinyatakan terserang virus Epstein Barr saat tiba di Jepang pada tengah bulan ini, di mana ia hanya bisa berbaring di tempat tidur dan tak bisa berjalan. Sejak itu, Folger absen balapan dan menjalani perawatan di Jerman.

"Jonas sudah lebih baik, jelas makin pulih. Tapi hasil tes darah belum keluar. Jonas harus sedikit lebih disiplin. Contohnya, kadang ia harus mengonsumsi suplemen nutrisi. Dengan begitu, proses pemulihannya terkendali. Jika tidak, saya takkan punya kabar baik seperti ini. Tapi partisipasi di Valencia masih diragukan," ujar Jakob kepada Speedweek.

Poncharal sendiri tengah menunggu hasil darah Folger yang tengah diproses di Leipzig. Meski begitu, pria Prancis ini tak mau melambungkan asa terlalu tinggi, dan hanya akan berharap Folger bisa kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 28-30 Januari mendatang.

Poncharal juga memastikan bahwa rider Pata Yamaha WorldSBK yang menggantikan Folger di MotoGP Malaysia akhir pekan lalu, Michael van der Mark akan kembali turun di Valencia pada 10-12 November nanti andai Folger masih belum fit untuk berpartisipasi dalam pekan balap.

"Jonas punya talenta besar, dan kami membutuhkannya. Tapi saya tak terlalu cemas soal keadaan Jonas dan Valencia. Saya hanya sedang putar otak soal 2018 dan uji coba pramusim di Malaysia pada Januari. Valencia bukan masalah. Jika Jonas tak bisa balapan, kami jelas 100% akan tampil dengan Mickey," tutupnya.