FOLLOW US:


Yamaha: Quartararo Investasi Masa Depan, Vinales Acuan Utama

13-02-2020 15:10

 | Anindhya Danartikanya

Yamaha: Quartararo Investasi Masa Depan, Vinales Acuan Utama
Fabio Quartararo dan Maverick Vinales © SRT

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menyatakan bahwa Fabio Quartararo adalah rider terbaik untuk investasi masa depan di MotoGP. Di lain sisi, ia juga mengakui bahwa Maverick Vinales akan menjadi acuan utama mereka dalam mengembangkan YZR-M1.

Dua pekan lalu, kedua rider ini secara resmi diumumkan bakal bertandem pada 2021 mendatang. Keduanya pun akan membentuk line up termuda Yamaha sejak MotoGP digulirkan pada 2002. Quartararo pun menjadi sorotan karena ia akan menggantikan Valentino Rossi.

Rossi, yang mempersembahkan empat gelar untuk Yamaha, untuk pertama kalinya takkan lagi membela tim pabrikan musim depan, dan tempatnya bakal diambil alih oleh Quartararo, yang musim lalu menjalani debut dengan meraih tujuh podium dan enam pole.

1 dari 2

Rider Terbaik untuk Masa Depan

Menurut Jarvis, meski sulit melepas Rossi, Quartararo yang akan berusia 21 tahun pada 20 April mendatang adalah opsi terbaik untuk masa depan Yamaha. Pria asal ini juga yakin sudah selayaknya El Diablo bertahan di pabrikannya.

"Kami butuh pebalap terbaik untuk masa depan, seperti Fabio. Saya rasa alami jika ia bertahan dengan kami. Debutnya tahun lalu spektakuler. Ia dapat perhatian banyak orang. Ini kejutan bagi kami, dan mungkin juga dirinya sendiri! Talentanya luar biasa, nyaris mudah bertaruh untuknya," ungkap Jarvis.

Jarvis juga mengaku lega Vinales mau bertahan di Monster Energy Yamaha, mengingat ia sempat dirayu oleh Ducati. Ia merasa bahwa keputusan Yamaha menghadirkan Esteban Garcia sebagai crew chief-nya dan keputusan membenahi YZR-M1 adalah kunci Vinales bertahan.

2 dari 2

Ikuti Arahan Maverick Vinales

"Ini adalah musim keempat Maverick bersama kami. Hasilnya mengikuti performa motor. Pada 2017, kami lebih kompetitif dan ia meraih tiga kemenangan, tapi lalu kami kehilangan arah," tutur Jarvis.

"Kini, ia sangat nyaman dengan tim, dan ia telah menyadari Yamaha ingin mengikuti arahannya. Jadi ia memutuskan kami adalah tempatnya di masa depan. Ia hanya butuh kepercayaan diri demi melanjutkan kerja sama dengan kami," pungkasnya.

Quartararo, Vinales, dan para rider MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim kedua di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22-24 Februari mendatang.